Show simple item record

dc.contributor.authorUlil Albab, Fikri
dc.contributor.authorRahmawati, Iis
dc.contributor.authorSari Hardiani, Ratna
dc.date.accessioned2014-12-18T04:24:21Z
dc.date.available2014-12-18T04:24:21Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60745
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif adalah adanya promosi susu formula. Perilaku pemberian susu formula atau ASI eksklusif sangat dipengaruhi oleh pengambilan keputusan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promosi susu formula dengan pengambilan keputusan keluarga dalam pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan teknik total sampling yang berjumlah 33 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 57,6% keluarga terpapar promosi susu formula dan sebanyak 69,7% keluarga mengalami ketidakberfungsian pengambilan keputusan dalam pemberian ASI eksklusif. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p value sebesar 0,257, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara promosi susu formula dengan pengambilan keputusan keluarga dalam pemberian ASI eksklusif. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi adalah faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya: usia, pekerjaan ibu, pendidikan dan pengetahuan responden, sedangkan faktor eksternal seperti lingkungan sosial. Saran yang dapat diberikan kepada petugas kesehatan untuk meningkatkan program promosi ASI eksklusif dan penggunaan PASI/susu formula yang benar dan tepat. Pemerintah diharapkan dapat membuat kebijakan tentang kampanye ASI eksklusif melalui media publiken_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesArtikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
dc.subjectpromosi susu formulaen_US
dc.subjectpengambilan keputusan keluargaen_US
dc.subjectASI eksklusifen_US
dc.titleHubungan Promosi Susu Formula dengan Pengambilan Keputusan Keluarga dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember (The Correlation of Formula Milk Promotion with Family Decision Making in Exclusive Breastfeeding in Working Area of Arjasa’s Public Health Center, Jember Regency)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Medical [429]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Kesehatan (FF, FKM, FK, FKG, PSIK)

Show simple item record