dc.description.abstract | Kebutuhan akan rasa aman adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi.
Kebutuhan rasa aman yang tidak terpenuhi pada pasien akan menyebabkan resiko cedera. Oleh karena itu
peran perawat sebagai pendidik diperlukan untuk mencegah terjadinya cedera. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis hubungan antara peran perawat sebagai edukator dengan pemenuhan
kebutuhan rasa aman pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan crosssectional . Sampel penelitian
terdiri dari 75 pasien yang dirawat di paviliun Dahlia, Bougenville, dan Teratai Rumah Sakit dr. H.
Koesnadi. Data dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan 47 responden tidak
mendapatkan peran edukator dari perawat , 14 responden ( 29,8 % ) merasa aman, dan 33 responden
( 70,2 % )merasa tidak aman . Hasil uji statistik menunjukkan nilai p sebagai 0,007 yang berarti ada
hubungan yang signifikan antara peran perawat sebagai pendidik dengan keselamatan pemenuhan
kebutuhan pasien di Rumah Sakit dr H. Koesnadi . Perawat peran sebagai pendidik mengenai kebutuhan
keamanan dapat dilakukan ketika pasien pertama kali tiba. Poster yang ditempel di dinding ruang rawat
dapat menjadi media informasi untuk memenuhi kebutuhan rasa aman pasien. Selain itu, dukungan
keluarga juga diperlukan untuk menjamin kebutuhan rasa aman pasien | en_US |