Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng Arief Wibowo
dc.date.accessioned2014-12-01T06:04:17Z
dc.date.available2014-12-01T06:04:17Z
dc.date.issued2014-12-01
dc.identifier.nimNIM091910101053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60504
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Labratorium Desain dan Uji Bahan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember. Penelitian getaran torsional secara eksperimen pada perangkat mekanisme kinetik energi recoveri sistem (KERS) ini dilakukan dengan cara memvariasikan frekuensi listrik pada input listrik motor AC 1 Hp 3 phasa yang digunakan sebagai motor penggerak mekanisme KERS, dengan lima variasi frekuensi yaitu 5 Hz, 10 Hz, 15 Hz, 20 Hz dan 25 Hz. Pada tiap variasi frekuensi akan mengahasilkan kecepatan putaran motor penggerak yang berbeda sehinga putaran yang ditransmisikan ke poros flywheel juga akan berbeda. Maka hal ini akan mempengaruhi daya yang dapat ditransmisikan poros ke flywheel. Sensor strain gauge di rekatkan pada poros flywheel yang berimpit dengan tumpuan bearing, sensor direkatkan dengan kemiringan membentuk sudut 45o dari sumbu aksial poros. Amplitudo paling besar terjadi pada variasi ke-5 pada frekuensi 25 Hz yaitu 0,440315934 rad pada detik ke 4:24:252. Sedangkan yang paling kecil pada variasi frekuensi 10 Hz yaitu 0,160625 rad pada detik ke 48:16:792. Secara umum grafik respon getaran pada tiap-tiap variasi dapat dilihat bahwa respon getaran yang terjadi adalah pada awalnya transien (acak) yang berada pada daerah I pada grafik, pada kondisi transien terjadi perubahan gelombang naik turun yang perubahannya terjadi secara signifikan. Kemudian respon getarannya steady atau berada pada daerah II pada grafik, pada kondisi ini tidak terjadi perubahan amplitudo gelombang secara signifikan, dan pola gelombangnya mulai terbentuk. Kecepatan putaran poros flyhweel berpengaruh terhadap respon getaran tosional yang terjadi, semakin tinggi putaran poros akan menyebabkan amplitudo sudut tosional juga semakin besar, hal ini sama dengan apa yang dilaporkan Husodo, Adi.W., et, al ., pada penelitian getaran torsional poros turbin arus laut, yang melaporkan bahwa semakin besar kecepatan arus laut, menyebabkan semakin besarnya simpangan sudut dan amplitudonya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries091910101053;
dc.subjectFlywheel, Kinetik Energi Recoveri Sistem (KERS), Strain Gaugeen_US
dc.titleANALISIS GETARAN TORSIONAL POROS FLYWHEEL PADA MEKANISME KINETIK ENERGI RECOVERI SISTEM (KERS) MENGGUNAKAN STRAIN GAUGEen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record