Show simple item record

dc.contributor.authorErfandi Carera
dc.date.accessioned2014-12-01T04:09:04Z
dc.date.available2014-12-01T04:09:04Z
dc.date.issued2014-12-01
dc.identifier.nimNIM101910201067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60490
dc.description.abstractPerkembangan mobil listrik saat ini berlangsung sangat pesat. Namun dalam prosesnya, mobil listrik memiliki beberapa kendala. Kendala tersebut adalah pada sistem Recovery Energy pada pengisian baterai. Sistem pemulihan energi kinetik atau Kinetic Energy Regenerative System adalah sebuah sistem penyimpanan energi yang memanfaatkan energi kinetik yang terbuang saat terjadi putaran tinggi pada Flywheel. Pada penelitian ini dibuat prototipe KERS dengan motor listrik sebagai penggerak utama menggantikan roda pembeban yang ada pada mobil listrik. Dari penelitian ini diharapkan memperoleh daya tambahan pada baterai dan mengetahui efisiensi perangkat pengisi daya. Pengambilan data menggunakan Tachometer, sensor Arus ACS712 dan Sensor Tegangan. Pengujian ini dilakukan dengan 6 variasi set Tegangan pada AVR, yaitu 170 V hingga 220 V. Dari penelitian dengan set tegangan 220 V, didapatkan besar energi kinetik dan daya tambahan pada baterai yaitu 4931,1 J dan 1,794 W. Sedangkan untuk efisiensi terbesar terjadi pada set Tegangan 220 V, yaitu 1,38 %. Hal ini menandakan bahwa semakin besar Energi Kinetik yang di hasilkan, maka semakin besar pula tegangan dan arus yang dihasilkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries101910201067;
dc.subjectprototipe KERS, tachometer, ACS712, sensor teganganen_US
dc.titleRANCANG BANGUN ALAT SISTEM PEMULIHAN ENERGI KINETIK (KERS) UNTUK PENGISIAN ENERGI PADA BATERAI MOBIL LISTRIKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record