Show simple item record

dc.contributor.authorRobby Nurdiansyah
dc.date.accessioned2014-11-06T03:01:14Z
dc.date.available2014-11-06T03:01:14Z
dc.date.issued2014-11-06
dc.identifier.nimNIM091910201023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60086
dc.description.abstractMobil listrik adalah kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Baterai adalah komponen yang dapat menyimpan serta menghasilkan energi listrik dari proses elektrolisis. Photovoltaic atau PV merupakan suatu alat yang dapat mengkonversi energi dalam bentuk cahaya matahari menjadi energi listrik secara langsung. Fuel cell merupakan perangkat elektrokimia yang dapat menghasilkan listrik dari reaksi kimia. Daya pada blok mobil listrik dibagi dengan tegangan kontrol (Vkon) sehingga sebagai inputan Fuzzy logic. Sehingga arus konsumsi (Ibat) dan (Ifc) dapat di atur sesuai kebutuhan. Dan pada saat puncak arus referensi (Iref) bernilai 386 amper, dan arus puncak pada arus fuel cell (Ifc) 350 ampere pada saat waktu 25 sampai 30 detik. Pada hasil proses fuzzyfikasi terdapat dua arus dengan nilai yang berbeda saat selang waktu 15 sampai 20 detik yaitu arus baterai (Ibat) bernilai 140 amper dan arus fuel cell (Ifc) bernilai 230 amper. Nilai error persen yang sangat kecil terjadi pada saat akhir simulasi yaitu saat waktu 40 sampai 43 detik dengan nilai error persen adalah 9.1 %. Nilai error persen yang sangat besar terjadi pada saat awal simulasi yaitu saat waktu 5 sampai 10 detik dengan nilai error persen adalah 57.1 %en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries091910201023;
dc.subjectmobil listrik, daya konsumsi, arus beban, fuzzy logicen_US
dc.titleMANAJEMEN ENERGI MOBIL LISTRIK ANTARA FUEL CELL , PHOTOVOLTAIC, DAN BATERAI MENGGUNAKAN FUZZY LOGICen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record