dc.contributor.author | Robby Nurdiansyah | |
dc.date.accessioned | 2014-11-06T03:01:14Z | |
dc.date.available | 2014-11-06T03:01:14Z | |
dc.date.issued | 2014-11-06 | |
dc.identifier.nim | NIM091910201023 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60086 | |
dc.description.abstract | Mobil listrik adalah kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik,
menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan
energi lainnya. Baterai adalah komponen yang dapat menyimpan serta
menghasilkan energi listrik dari proses elektrolisis. Photovoltaic atau PV
merupakan suatu alat yang dapat mengkonversi energi dalam bentuk cahaya
matahari menjadi energi listrik secara langsung. Fuel cell merupakan perangkat
elektrokimia yang dapat menghasilkan listrik dari reaksi kimia. Daya pada blok
mobil listrik dibagi dengan tegangan kontrol (Vkon) sehingga sebagai inputan
Fuzzy logic. Sehingga arus konsumsi (Ibat) dan (Ifc) dapat di atur sesuai
kebutuhan. Dan pada saat puncak arus referensi (Iref) bernilai 386 amper, dan
arus puncak pada arus fuel cell (Ifc) 350 ampere pada saat waktu 25 sampai 30
detik. Pada hasil proses fuzzyfikasi terdapat dua arus dengan nilai yang berbeda
saat selang waktu 15 sampai 20 detik yaitu arus baterai (Ibat) bernilai 140 amper
dan arus fuel cell (Ifc) bernilai 230 amper. Nilai error persen yang sangat kecil
terjadi pada saat akhir simulasi yaitu saat waktu 40 sampai 43 detik dengan nilai
error persen adalah 9.1 %. Nilai error persen yang sangat besar terjadi pada saat
awal simulasi yaitu saat waktu 5 sampai 10 detik dengan nilai error persen adalah
57.1 % | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 091910201023; | |
dc.subject | mobil listrik, daya konsumsi, arus beban, fuzzy logic | en_US |
dc.title | MANAJEMEN ENERGI MOBIL LISTRIK ANTARA FUEL CELL , PHOTOVOLTAIC, DAN BATERAI MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC | en_US |
dc.type | Other | en_US |