dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dimulai dengan
mengumpulkan berbagai literatur dan data-data yang diperlukan. Langkah kedua
adalah mengolah data yang telah diperoleh untuk mendapatkan sumber polutan dan
komponen kecepatan arah angin. Langkah ketiga yaitu menyelesaikan model
menggunakan metode Liebmann. Langkah keempat adalah membuat program
menggunakan software MATLAB. Langkah penelitian yang terakhir adalah
melakukan simulasi program untuk mendapatkan profil penyebaran konsentrasi
polutan dan total konsentrasi polutan. Kemudian memvariasi parameter yang
mempengaruhi model yaitu, kecepatan angin dan sumber polutan .
Berdasarkan hasil simulasi, dapat diperoleh total konsentrasi polutan yang
dihasilkan sepanjang jalan selama 3600 detik adalah
⁄ dan
adalah
⁄ , dimana kedua polutan tersebut masih dibawah ambang
batas baku mutu udara. Untuk profil penyebaran konsentrasi polutan Karbon
Monoksida dan Nitrogen Dioksida yaitu, konsentrasi polutan terus
menurun dari utara atau ujung kiri jalan menuju ke arah selatan atau
ujung kanan jalan , dengan seiring bertambahnya waktu maka
konsentrasi polutannya juga akan semakin bertambah. Untuk pengaruh variasi
parameter kecepatan angin yaitu, yang pertama kecepatan angin berpengaruh
terhadap profil konsentrasi polutan, dimana semakin besar kecepatan angin maka
perbedaan atau selisih konsentrasi polutan pada waktu tertentu di dan
akan semakin kecil sehingga dapat dikatakan konsentrasi polutan
maupun akan semakin menyebar merata. Kecepatan angin juga
berpengaruh terhadap total konsentrasi polutan, yaitu semakin besar nilai maka
semakin kecil total konsentrasi polutan dan sebaliknya sehingga berbanding terbalik.
Sedangkan untuk variasi nilai faktor over-relaksasi , khususnya pada penelitian
ini diperoleh samakin besar nilai faktor over-relaksasi yang diambil maka nilai
kesalahan terbesarnya akan semakin kecil begitu juga sebaliknya. | en_US |