Show simple item record

dc.contributor.authorCHRISTIAN GUSTI ANANTYO
dc.date.accessioned2014-10-22T06:11:27Z
dc.date.available2014-10-22T06:11:27Z
dc.date.issued2014-10-22
dc.identifier.nimNIM070810301140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59423
dc.description.abstractPada dasarnya pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih sempurna. Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi. Peningkatan sumber daya manusia tidak hanya diukur dari segi kuantitas semata melainkan dari segi kualitas. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih antara variabel independen (kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar) dan variabel dependen (tingkat pemahaman akuntansi) pada mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Jember. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi tahap pra penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi di fakultas ekonomi Universitas Jember yaitu berjumlah 161 mahasiswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Cluster Random Sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 62 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Ada perbedaan tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan jenis kelamin.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070810301140;
dc.subjectkecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, tingkat pemahaman akuntansien_US
dc.titlePENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Studi Empiris pada Mahasiswa Tahun Angkatan 2012-2013 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record