dc.contributor.author | Rayendra Wahyu, Bachtiar | |
dc.date.accessioned | 2014-10-13T03:46:57Z | |
dc.date.available | 2014-10-13T03:46:57Z | |
dc.date.issued | 2014-10-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59389 | |
dc.description | Info lebih lanjut hub:
Lembaga Penelitian Universitas Jember
Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Penalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika. Metode penelitian pengembangan ini merujuk pada metode R&D Borg and Gall dan Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Validasi produk, (4) uji coba produk, dan (5) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan sebagai data kelayakan instrumen dan data kualtitatif digunakan sebagai acuan revisi produk. Hasil analisis data terhadap validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk instrumen layak digunakan sebagai pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika dan kemampuan penalaran ilmiah fisika dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Hypothetical Deductive dan Empirical Inductive. | en_US |
dc.publisher | FKIP'13 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Pemula;214 | |
dc.subject | Empirical inductive | en_US |
dc.subject | hypothetical deductive | en_US |
dc.subject | penalaran ilmiah | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH FISIKA (KAJIAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA) | en_US |