Show simple item record

dc.contributor.authorSetiyo Nugroho, Beny
dc.contributor.authorSantoso, Budhy
dc.date.accessioned2014-08-26T04:11:17Z
dc.date.available2014-08-26T04:11:17Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59040
dc.description.abstractPesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah mendapatkan respon dari masyarakat berupa penyerapan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hasil dari perkembangan ini adalah kemunculan Facebook. Facebook telah lazim digunakan oleh masyarakat di Indonesia, khususnya dalam bahasan ini mahasiswa di Jember. Meskipun pada dasarnya Facebook adalah media yang memiliki sifat netral. Akan tetapi pada prakteknya penggunaan Facebook memiliki berbagai macam motivasi yang berbeda. Tergantung dari masing-masing pengguna Facebook yang memiliki beragam latar belakang. Sehingga memunculkan motivasi yang berlainan pula. Teori besar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Mind, Self, Society dari Herbert Mead. Yang kemudian dipadu padankan dengan Teori Motivasi oleh Murray dan Teori Komunikasi Source, Message, Channel Receiver Berlo. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik penentuan informan yang dipakai dalam penelitian ini secara Purpossive Sampling. Temuan dalam penelitian ini adalah motivasi penggunaan Facebook ini antara lain adalah penggunaan Facebook dengan motivasi permainan sebagai perwujudan kebutuhan rasa senang dan relaks. Penggunaan Facebook dengan motivasi bisnis, sebagai perwujudan kebutuhan akan kemandirian. Penggunaan Facebook dengan motivasi pendidikan sebagai perwujudan kebutuhan akan prestasi. Penggunan Facebook dengan motivasi organisasi sebagai perwujudan kebutuhan manusia berkumpul dengan sesamanya. Dan penggunaan Facebook dengan motivasi spiritual sebagai perwujudan kebutuhan manusia untuk mencari pemahaman akan hakikat manusia itu sendiri.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectFacebooken_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectMinden_US
dc.subjectSelfen_US
dc.subjectSocietyen_US
dc.subjectSMRCen_US
dc.titleMOTIVASI PENGGUNAAN FACEBOOK OLEH MAHASISWA DI JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record