dc.description.abstract | Pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah mendapatkan respon dari masyarakat berupa penyerapan
teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hasil dari perkembangan ini adalah kemunculan Facebook.
Facebook telah lazim digunakan oleh masyarakat di Indonesia, khususnya dalam bahasan ini mahasiswa di Jember.
Meskipun pada dasarnya Facebook adalah media yang memiliki sifat netral. Akan tetapi pada prakteknya penggunaan
Facebook memiliki berbagai macam motivasi yang berbeda. Tergantung dari masing-masing pengguna Facebook yang
memiliki beragam latar belakang. Sehingga memunculkan motivasi yang berlainan pula. Teori besar yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Teori Mind, Self, Society dari Herbert Mead. Yang kemudian dipadu padankan dengan Teori Motivasi
oleh Murray dan Teori Komunikasi Source, Message, Channel Receiver Berlo. Dalam penelitian ini metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik penentuan informan yang dipakai dalam penelitian ini secara
Purpossive Sampling. Temuan dalam penelitian ini adalah motivasi penggunaan Facebook ini antara lain adalah penggunaan
Facebook dengan motivasi permainan sebagai perwujudan kebutuhan rasa senang dan relaks. Penggunaan Facebook dengan
motivasi bisnis, sebagai perwujudan kebutuhan akan kemandirian. Penggunaan Facebook dengan motivasi pendidikan
sebagai perwujudan kebutuhan akan prestasi. Penggunan Facebook dengan motivasi organisasi sebagai perwujudan
kebutuhan manusia berkumpul dengan sesamanya. Dan penggunaan Facebook dengan motivasi spiritual sebagai perwujudan
kebutuhan manusia untuk mencari pemahaman akan hakikat manusia itu sendiri. | en_US |