• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Strategis Nasional
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Strategis Nasional
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Sistemik Inovasi Berkelanjutan dan Kapabilitas Daya Saing Usaha Kecil Teknologi Rendah (Non High Tech) di Jawa Timur

    Thumbnail
    View/Open
    edy wahyudi_stranas_dp2m_273.pdf (95.13Kb)
    Date
    2014-07-21
    Author
    Edy Wahyudi
    Didik Eko Julianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini fokus pada usaha kecil teknologi rendah dalam produksi makanan dan minuman khas (mamin khas), konveksi dan bordir, mebelair, dan kerajinan tangan. Permasalahan riset ini adalah bagaimana secara sistemik usaha kecil yang menggunakan teknologi rendah (non high tech) mampu berinovasi secara berkelanjutan dan meningkatkan kapabilitas bersaingnya, sehingga keterbatasan teknologi yang mereka alami dalam kegiatan produksi tidak menghambat mereka dalam meningkatkan daya saing dan inovatif mereka. Tujuan riset ini berupaya menemukan karakteristik usaha kecil teknologi rendah (non high tech), model sistemik inovasi berkelanjutan dan menemukan peningkatan kapabilitas daya saing usaha kecil non high tech di Jawa Timur. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan obyek studi di Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri dan Kota Kediri dengan obyek studi usaha kecil yang menggunakan teknologi rendah (non high tech) yaitu mebelair, mamin khas, kerajinan (craft), dan konveksi. Berdasar hasil penelitian implikasi dari proses pengembangan networking dan kolaborasi dari berbagai daya dukung yang ada membuat informasi peluang pasar, permintaan pasar, trend pasar menjadi lebih luas dan ada kekuatan bagi usaha kecil untuk merespon pasar secara agresif. Aspek personality pemimpin memegang peranan penting secara internal dalam memberikan budaya kerja, budaya belajar, dan daya serap pengetahuan karyawan dalam kinerja mereka. Dimensi eksternalnya adalah pentingnya networking, akses pasar dan marketing yang menjadi kekuatan sinergi usaha kecil dalam melakukan inovasi produk yang memiliki keunikan (defferentiation) dan berdaya saing tinggi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58574
    Collections
    • LRR-Hibah Strategis Nasional [99]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository