dc.contributor.author | TITIK SUGIARTI | |
dc.contributor.author | Nurcholif Diah Sri Lestari | |
dc.date.accessioned | 2014-06-30T06:43:21Z | |
dc.date.available | 2014-06-30T06:43:21Z | |
dc.date.issued | 2014-06-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57880 | |
dc.description | Info lebih lanjut hub:
Lembaga Penelitian Universitas Jember
Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa pembelajaran di sekolah dasar yang terjadi selama ini kurang memfasilitasi karakteristik siswa. Pembelajaran kurang menekankan pada melatih siswa mengonstruksi pengetahuan sendiri terutama dengan pemecahan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tidak berkembang. Pemecahan masalah jarang diterapkan di sekolah dasar karena sulitnya mengajarkan dan mengases pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui seperangkat masalah yang telah dirancang dalam exemplar problem dengan mencontohkan bagaimana pemecahan siswa diasses dengan exemplar rubric (authentic assessment). Model pembelajaran yang dimaksud dinamakan dengan “Model Pembelajaran Matematika berbasis authentic assessment dengan eksemplar problem”. Untuk tujuan tersebut digunakan model pengembangan pendidikan umum dari Tjeerd Plomp (1997) dengan empat fase yang meliputi: Fase investigasi awal, Fase desain, (c)Fase realisasi, (d)Fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahun pertama penelitian ini, telah dihasilkan model pembelajaran yang valid. Sedangkan syarat praktis dan efektif akan diujicobakan pada pertemuan kedua. | en_US |
dc.publisher | FKIP'13 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | hibah bersaing;21 | |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah | en_US |
dc.subject | Authentic Assessment | en_US |
dc.subject | Exemplar Problem | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR | en_US |