• Login
    View Item 
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENTARI-INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL SISWA SMA KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAN, DAN KABUPATEN PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    1. cover.pdf (110.2Kb)
    2. PERNYATAAN.pdf (92.27Kb)
    3. PENGESAHAN.pdf (174.2Kb)
    4. Abstrak.pdf (89.65Kb)
    5. Prakata.pdf (176.8Kb)
    6. Daftar Isi.pdf (148.2Kb)
    7. Daftar Tabel.pdf (55.99Kb)
    8. Daftar Gambar.pdf (48.63Kb)
    9. Daftar Lampiran.pdf (48.59Kb)
    10. Bab 1.pdf (599.8Kb)
    11. Bab 2.pdf (344.1Kb)
    12. Bab 4.pdf (53.12Kb)
    13. Dapus.pdf (55.45Kb)
    14. Lampiran 1 (Materi dan Slied).pdf (752.4Kb)
    15. Lampiran 2 (Daftar Hadir).pdf (711.8Kb)
    16. Lampiran 3 (Foto Kegiaiatan).pdf (1.188Mb)
    17. Lampiran 4 (Cv Penelliti).pdf (582.5Kb)
    Date
    2014-06-03
    Author
    Sri, Astutik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indikator Keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UNAS) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai UNAS dengan baik, di mana rata-rata nilai UNAS kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 2011 dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran UNAS untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah Propinsi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai di kurang dari 6,00). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkan Model Pembelajaran yang Inovatif. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Mentari-Inovatif Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) menerapkan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif pada 9 mata pelajaran UNAS di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) Program Training of Trainers (TOT) pada 9 Guru yang mengajar 9 matapelajaran UNAS , (3) Program Penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif pada 9 mata pelajaran UNAS, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajaran yang terverifikasi dan efektivitas model Mentari-Inovatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA khususnya di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57762
    Collections
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM [217]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository