Dampak Program Sertifikasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan: Riset Evaluasi pada SMPN dan SMAN di Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak program sertifikasi guru di Kabupaten Jember. Fokus perhatiannya
adalah pengukuran output target achievement dan intended impact achievment. Output target achievment diukur melalui
analisis deskriptif. Intended impact achievment merujuk pada dampak program sertifikasi guru terhadap mutu pendidikan.
Pengukuran dampak meliputi 3 tahapan analisis (komparatif, asosiatif, dan time series). Data dikumpulkan melalui
documentary collecting model pada 52 sekolah (SMPN dan SMAN) di Kabupaten Jember dan disproprtionate stratified area
random technique dipilih untuk optimum reppresentativeness sample. Hasil analsisi deskriptif menunjukkan bahwa output
target achievement berkinerja rendah. Hasil pengukuran dampak menunjukkan bahwa program sertifikasi guru memiliki
dampak positif terhadap mutu pendidikan, tetapi besaran dampak menunjukkan kualifikasi yang rendah. Akhirnya, penelitian
ini tidak hanya mengevaluasi dampak program sertifikasi guru tapi juga menawarkan model penelitian untuk mengukur
dampak program
Collections
- SRA-Social And Politic [333]