dc.description.abstract | Penggunaan facebook sebagai situs jejaring sosial semakin banyak peminatnya. Terlebih lagi di Indonesia, demam facebook
menjadi tren di kalangan muda. Fenomena penggunaan facebook di Indonesia menyebar luas di berbagai wilayah seperti di
Kota Jember. Kota ini juga didukung oleh keberadaan fasilitas pendidikan seperti perguruan tinggi negeri yang salah satunya
yaitu Universitas Jember. Facebook telah menjadi tren di kalangan muda khususnya mahasiswa. Facebook bagi kalangan
muda bukan hanya digunakan untuk menjalin pertemanan, tetapi dalam perkembangannya membuat sebagian dari mereka
mengekspresikan diri dan menjadikan facebook sebagai ajang tebar pesona yang mengarahkan pada kesan-kesan tertentu.
Facebook menjadi sarana untuk melakukan manajemen kesan dalam facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,
mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kesan pengguna facebook yang dilakukan oleh mahasiswa UNEJ berdasarkan
teori manajemen kesan Erving Goffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik
purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesan yang ingin ditampilkan sesuai dengan situasi dan kondisi
tertentu tergantung pada audience. Kesan yang ingin ditampilkan antara lain kesan sebagai mahasiswa, kesan orang yang
berpasangan, kesan orang yang suka travelling, kesan terlihat cantik, kesan galau, kesan terlihat gaul dan kesan orang yang
suka olahraga. Dalam memanajemen kesannya tidak lepas dari appearance atau penampilan melalui pakaian, make up, dan
barang-barang seperti tas atau laptop, kemudian manner atau gaya yang ditunjukkan melalui ekspresi yang digambarkan
dalam foto seperti ekspresi tersenyum,tatapam mata. Serta setting menunjukkan lokasi atau tempat yang mengarahkan pada
peran tertentu seperti kampus, tempat wisata, tempat olahraga.dll. Dapat disimpulkan bahwa seseorang dianggap lebih ideal
ketika ia mampu berperilaku dan bersikap sesuai dengan pemahaman umum sebagai seorang individu yang selalu
berinteraksi dalam kehidupan masyarakat, sehingga pengguna facebook selalu menampilkan dan memanajemen kesan yang
baik atau positif di jaringan pertemanannya. | en_US |