dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi dalam menentukan keputusan menginap dan
untuk mengoptimalkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menginap pada Hotel Bintang Mulia. Fokus dari
penelitian ini yaitu menggunakan variabel independen Promosi, Fasilitas Lokasi, dan Harga terhadap variabel dependen
keputusan menginap. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan insidental sampling dan penentuan
jumlah sampel menggunakan time linier function didapat hasil 62 responden. Lokasi penelitian dilakukan di Hotel Bintang
Mulia dan tamu hotel sebagai respondennya. Sumber data diperoleh dengan memberikan kuesioner pada tamu hotel secara
insidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, uji validitas dan
reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji F dan t. Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y = 3,480+ 0,239 X1 +
0,120X2 + 0,216X3 + 0,259X4 Dimana variabel promosi (X1), fasilitas (X2), Lokasi (X3) dan harga (X4) diuji
menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara signifikan (Nyata) mempengaruhi variabel
dependen keputusan menginap (Y). Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel promosi, fasilitas, lokasi dan harga
secara signifikan mempengaruhi secara simultan variabel keputusan menginap. Angka Adjusted R square sebesar 0,614
menunjukkan bahwa bahwa 61,4 persen variabel keputusan menginap dapat dijelaskan melalui keempat variabel independen
dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 38,6 persen dijelaskan oleh variabel lain-lain. | en_US |