dc.description.abstract | Pelayanan publik merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat dimanapun. Penelitian ini
bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan kepuasan masyarakat dalam pelayanan penerbitan sertipikat tanah di Kantor
Pertanahan Jember yang dilandasi oleh KepMenPan No.25 tahun 2004 dengan menggunakan 14 indikator. Pengukuran
kepuasan masyarakat berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dilakukan,
selanjutnya dapat digunakan untuk evaluasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian
ini menggunakan 150 kuesioner dari responden yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Berdasarkan 150
kuesioner yang diambil dalam penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata tertimbang Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor
Pertanahan Kabupaten Jember tahun 2013 dihitung secara keseluruhan adalah sebesar 2,82 dengan nilai rata-rata indeks
kepuasan sebesar 2,84. Hasil nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi adalah sebesar 70,5 yang berarti mutu
pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Jember dalam kategori B yaitu baik. | en_US |