dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan komunikasi
perawat dengan tingkat kepuasan orang tua di ruang rawat inap paviliun Melati
RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional.
Populasi pada penelitian ini sebanyak 133 pasien anak yang dirawat di ruang
rawat inap paviliun Melati RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso dengan jumlah
sampel 56 orang tua anak. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah non
probability sampling dengan cara accidental purposive sampling. Penelitian
dilakukan di ruang rawat inap paviliun Melati kelas I, kelas II, dan kelas III RSU
dr. H. Koesnadi Bondowoso. Sumber data yang digunakan adalah sumber data
primer yang diperoleh dari kuesioner sebagai alat pengumpul data dan sumber
data sekunder yang diperoleh dari data mengenai pasien anak yang dirawat di
ruang rawat inap paviliun Melati RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Uji validitas
dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha Cronbach.
Analisis data karakteristik orang tua menggunakan analisa univariat,
sedangkan untuk analisa komunikasi perawat dan tingkat kepuasan orang tua
selama proses hospitalisasi anak menggunakan menggunakan uji chi-square
dengan tingkat kemaknaan 5%. Komunikasi perawat diketahui bahwa sebanyak
31 responden (55,4%) perawat berkomunikasi cukup baik dan sebanyak 25
responden (44,6%) perawat berkomunikasi baik, dan tidak terdapat perawat yang
berkomunikasi kurang baik (0%). Hasil analisis data deskriptif tingkat kepuasan
orang tua selama proses hospitalisasi anak diperoleh sebanyak 24 responden
(42,9%) memiliki tingkat kepuasan tinggi, sebanyak 32 responden (57,1%)
memiliki tingkat kepuasan sedang, dan tidak terdapat responden yang memiliki
tingkat kepuasan rendah.
Hasil analisa data menggunakan uji chi-square didapatkan hasil bahwa
nilai p value = 0,003 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, dengan demikian maka
Ha diterima, yang artinya adalah ada hubungan antara komunikasi perawat dengan
tingkat kepuasan orang tua selama proses hospitalisasi anak di ruang rawat inap
paviliun Melati RSU. dr. H. Koesnadi Bondowoso. Pada tabel 2x2 dituliskan
bahwa nilai (OR) Odd Ratio sebesar 6,333 yang artinya adalah komunikasi
perawat baik akan berpeluang 6,333 kali untuk memiliki tingkat kepuasan tinggi
dalam memberikan pelayanan keperawatan anak. | en_US |