Show simple item record

dc.contributor.authorAhda Rizqy Maulana
dc.date.accessioned2013-12-06T07:31:28Z
dc.date.available2013-12-06T07:31:28Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM071910101079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5713
dc.description.abstractKebutuhan bahan bakar selalu meningkat, seiring dengan pengunaannya di bidang industri maupun transportasi. Tetapi saat ini dunia mengalami krisis bahan bakar minyak. Penggunaan bahan bakar fosil sebagai sumber energi menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Mesin stirling setelah lebih dari seabad terlupakan mulai kembali digunakan sebagai mesin konversi panas. Mesin stirling yang ditemukan oleh Dr. Robert Stirling dari Skotlandia pada tahun 1816 merupakan jenis mesin pembakaran luar. Seperti mesin uap yang juga merupakan mesin pembakaran luar, mesin stirling dapat menggunakan berbagai macam sumber panas seperti minyak, batu bara, nuklir, panas bumi, dan sinar matahari. Motor stirling bekerja karena perbedaan temperature fluida kerja yang mempengaruhi tekanan kerja motor. Penambahan tekanan diawal ditujukan untuk menambah jumlah fluida kerja yang ada dalam sistem motor stiriling. Analisis peningkatan kinerja motor stirling tipe gamma dilakukan dengan pembuatan prototype motor stirling tipe gamma. Untuk itu terdapat beberapa perumusan masalah yaitu berapa tekanan awal optimal untuk mendapatkan performance terbaik. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat diperoleh, bahwa prototype mesin stirling yang digunakan dalam pengujian dapat bekerja dengan kecepatan 180 rpm, dan daya maksimal yang dihasilkan sebesar 1,012 watts, pada tekanan mula sebelum siklus adalah sama dengan tekanan atmosfer 101325 MPa. Ketika pengujian menggunakan penambahan tekanan mula dilakukan, terjadi failure ,kegagalan operasi yang membuat motor stirling tidak dapat berfungsi adalah kerja yang dibutuhkan fase kompressi yang dibutuhkan melebihi kerja yang dihasilkan ketika terjadi fase ekspansien_US
dc.relation.ispartofseries071910101079;
dc.subjectStirling Engine Type Gamma 40ccen_US
dc.titleKARAKTERISTIK UNJUK KERJA STIRLING ENGINE TYPE GAMMA 40cc TERHADAP VARIASI TEKANAN AWALen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record