dc.description.abstract | Iklanmerupakan suatu kegiatan penawaran kepada suatu kelompok
masyarakat yang disampaikan secara lisan atau tulis tentang suatu produk, jasa,
ide, atau gagasan. Pada dasarnya iklan bersifat membujuk pemirsa dengantujuan
menimbulkan hasrat untuk membeli. Banyaknya iklan produk yang ditayangkan
memberikan pesan pada khalayak umum, bahwasannya iklan memiliki tujuan
untuk memperkenalkan suatu produk. Pilihan kata yang dituturkan para bintang
iklan pada isi iklan dapat mempengaruhi khalayak umum. Iklan memiliki
keterkaitan dengan kajian tindak tutur sebagai peristiwa berbahasa dalam
berkomunikasi antar masyarakat.
Tindak tutur sebagai wujud peristiwa komunikasi mempunyai fungsi,
mengandung maksud, dan tujuantertentu, sertadapat menimbulkan pengaruh pada
mitratutur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: jenis tindak
tutur ilokusi, fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam wacana iklan
produk Unilever dan tanggapan penonton terhadap iklan Unilever di televisi.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini dibedakanatas jenis tindak ilokusi, fungsi tindak tutur
perlokusi dan tanggapan penontonterhadap iklan dari produk Unilever. Informan
untuk tanggapan mengenai iklan berupa orang-orang yang pernah menyaksikan
iklan produk Unilever di televisi. Jumlah produk Unilever yang diteliti sebanyak
28data, dan jumlah informan sebanyak 8 orang. Lokasi wawancara dilakukan di
Banyuwangi. Peneliti menggunakan metode penelitian yang meliputi tiga tahap,
yaitu (1) tahap penyediaan data; (2) tahap analisis data; dan (3) tahap penyajian
hasil analisis data. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak | en_US |