dc.contributor.author | Rhyan Sabria Kharsa Pratama | |
dc.date.accessioned | 2014-03-03T04:39:55Z | |
dc.date.available | 2014-03-03T04:39:55Z | |
dc.date.issued | 2014-03-03 | |
dc.identifier.nim | NIM090810201013 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/50937 | |
dc.description.abstract | Layanan listrik PLN prabayar adalah layanan yang diberikan oleh PLN untuk
membantu seluruh masyarakat Indonesia mengatur pengeluaran listrik per-bulannya.
Dalam hal ini PT. PLN (Persero) berharap agar masyarakat dapat mengatur listriknya
sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanya karena sistem kerja dari layanan listrik
PLN prabayar adalah untuk memakai listrik kita terlebih dahulu harus membeli pulsa
listrik (token), selain itu pelanggan tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter
tiap bulannya dan juga pelanggan dapat dengan mudah memantau pemakaian listrik
sesuai dengan anggaran belanjanya. Berbeda dengan layanan listrik PLN pascabayar
yang harus membayar tagihan listrik di akhir bulan dan tidak bisa mengatur
pemakaiannya.Oleh karena itu PT. PLN (Persero) terus meningkatkan kualitas dari
layanan listrik PLN prabayar tersebut guna memberikan kemudahan dan kenyaman
sehingga mendapatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.Variabel intervening dalam
penelitian ini adalah kepuasan dari pelanggan layanan listik prabayar untuk
membentuk loyalitas pelanggan, karena loyalitas terbentuk apabila pelanggan merasa
puas dengan kualitas yang diberikan oleh layanan listrik PLN prabayar.
Penelitian ini menggunakan studi penjelasan (explanatory resech) dan
pengumpulan datanya dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey yang
mengambil sampel dari satu populasi, yang dimana sampelnya berjumlah 110 orang
dengan mengunakan metode wawancara dan pemberian kuesioner. Data yang diambil
adalah data primer dan sekunder.Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Jalur
(Path Analysis).Untuk menganalisis hubungan antara variabel, dimana variabelvariabel
bebas mempengaruhi variabel terikat baik secara langsung maupun tidak
langsung melalui satu perantara atau lebih perantara.Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpukan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan layanan listrik PLN prabayar.Kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan layanan listrik PLN prabayar.Dan yang terahir adalah
kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan layanan
listrik PLN prabayar. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090810201013; | |
dc.subject | Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan | en_US |
dc.title | PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN TARIF LISTRIK PRABAYAR PLN UPJ JEMBER KOTA | en_US |
dc.type | Other | en_US |