dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel bebas yang terdiri
dari produk, harga, promosi, tempat terhadap ketidakpuasan pelanggan dan
keputusan perpindahan merek sabun mandi Lifebuoy di kota Jember. Populasi
penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di kota Jember khususnya
kecamatan Sumbersari yang pernah membeli sabun mandi Lifebuoy kemudian
berpindah merek. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 80 responden. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa produk, harga, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap
perpindahan merek. Sedangkan tempat secara nyata tidak berpengaruh terhadap
perpindahan merek. Namun tempat berpengaruh signifikan terhadap
ketidakpuasan pelanggan begitu pula dengan produk, harga dan promosi juga
berpengaruh secara nyata terhadap ketidakpuasan pelanggan. Dan ketidakpuasan
pelanggan juga berpengaruh terhadap perpindahan merek. | en_US |