dc.description.abstract | Periklanan merupakan elemen promosi yang dilakukan oleh semua
perusahaan dalam mengkomunikasikan, menyampaikan dan meenanamkan suatu
persepsi di benak konsumen tentang bagaimana karakteristik produk, fungsi dan
manfaat, serta memungkinkan untuk mencapai segi-segi yang masih bisa diraih
oleh produsen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Jember terhadap iklan rokok Sampoerna A Mild di
media televisi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
memaparkan sesuatu dengan cara mendiskripsikan, mencatat, menganalisis, dan
menginterpretasikan kondisi yang saat ini terjadi. Metode tersebut dengan cara,
mengumpulkan data berdasarkan jawaban responden yang berasal dan daftar
pertanyaan (kuesioner) yang diajukan. Daftar pertanyaan (kuesioner) tersebut
berisi tentang respon iklan rokok Sampoerna A Mild di media televisi oleh
mahasiswa. Variabel yang dianalisis adalah iklan yang terdiri dari isi pesan,
format, struktur iklan dan sumber iklan. Analisis data dalam penelitian kualitatif
dilakukan mulai sejak awal sampai sepanjang proses penelitian berlangsung. Data
kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Data
kualitatif diperoleh dari berbagai macam teknik pengumpulan data misal
wawancara, analisis dokumen, diskusi terfokus, atau observasi yang telah
dituangkan dalam catatan lapangan (transkip). Bentuk lain dari data kualitatif
adalah gambar yang diperoleh melalui pemotretan atau rekaman video.
Respon mahasiswa FE Universitas Jember terhadap Iklan A Mild
menunjukkan bahwa klan rokok A Mild menarik dan sesuai dengan tema iklan
rokok A Mild yang alami, memiliki format dan struktur iklan yang mampu
membujuk dan mempengaruhi konsumen. Penyampaian informasi dalam iklan
menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa FE Universitas
Jember dan lebih banyak menggunakan kata-kata persuasif atau bujukan dengan
tujuan agar mahasiswa FE Universitas Jember tertarik untuk membeli atau
mencobanya. Karena iklan bersifat membujuk dan mempengaruhi, maka dalam
penyampaiannya harus menggunakan bahasa yang informatif, komunikatif, dan
menarik perhatian. | en_US |