Show simple item record

dc.contributor.authorALFI BAKHTIAR
dc.date.accessioned2013-12-04T05:00:52Z
dc.date.available2013-12-04T05:00:52Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080810291082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3712
dc.description.abstractPendidikan adalah hal yang dianggap penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan, seseorang akan mendapat ilmu khususnya dalam bidang akademik yang tentunya sangat penting dalam kehidupan. Sekolah merupakan instansi pendidikan yang bersifat formal dan didalamnya terdapat kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah serta guru sebagai pengajar peserta didik. Dalam kegiatannya di sekolah, komunikasi harus selalu terjalin antara pihak-pihak yang berada di lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan yang nyaman untuk bekerja. Selain itu peran kepemimpinan kepala sekolah dinilai penting dalam pembentukan kenyamanan dalam sekolah. Konflik adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, konflik bisa merusak ataupun bisa membuat orang lebih bersemangat dalam bekerja. Penyelesaian konflik inilah yang perlu diciptakan dalam kehidupan sekolah karena jika konflik itu terus berlanjut maka dikhawatirkan akan mengganggu prestasi kerja guru.Berdasarkan teori dan kajian empiris, variabel komunikasi dan kepemimpinan transformasional dinilai mampu untuk menyelesaikan sebuah konflik dan secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan prestasi kerja pada guru di gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Hal ini adalah yang mendasari dilakukannya penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di Gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang berjumlah total 66 orang. Guru-guru tersebut adalah guru SD yang mempunyai perbedaan pada tingkat pendidikan dan lama kerja pada instansi pendidikan. Penelitian ini menggunakan analisis jalur atau Path Analysis karena dengan analisis jalur dapat diketahui bagaimana jalur langsung maupun tidak langsung yang terbentuk dari variabel-variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien jalur dapat diketahui bahwa pengaruh langsung dari komunikasi terhadap penyelesaian konflik adalah sebesar 0,665 sedangkan pengaruh langsung dari kepemimpinan transformasional terhadap penyelesaian konflik adalah sebesar 0,28. Pengaruh komunikasi terhadap prestasi kerja guru tercatat sebesar 0,310, serta pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,292. Variabel perantara, yaitu penyelesaian konflik juga memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi kerja guru yaitu sebesar 0,346 Variabel komunikasi juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi kerja guru melalui penyelesaian konflik yaitu sebesar 0,230, sedangkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru melalui penyelesaian konflik adalah sebesar 0,098. Pengaruh total komunikasi terhadap prestasi kerja guru melalui penyelesaian konflik menghasilkan nilai sebesar 0,54 sedangkan untuk pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru melalui penyelesaian konflik menghasilkan nilai sebesar 0,39. Hal itu menunjukkan bahwa variabel komunikasi dan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap penyelesaian konflik dan hubungannya terhadap prestasi kerja. Dan dengan hasil itu pula dapat disimpulkan bahwa komunikasi pada guru di gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang sudah berjalan dengan baik karena mampu menyelesaikan sebuah konflik serta meningkatkan prestasi kerja guru. Begitupula dengan kepemimpinan kepala sekolahnya juga mampu bekerja dengan baik, hal tersebut terbukti dengan adanya penyelesaian konflik yang baik serta kepemimpinannya dapat meningkatkan prestasi kerja guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810291082;
dc.subjectPrestasi Kerjaen_US
dc.titlePengaruh Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Prestasi Kerja Melalui Penyelesaian Konflik Pada Guru Di Gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record