Show simple item record

dc.contributor.authorMAKRUF
dc.date.accessioned2013-12-04T03:38:51Z
dc.date.available2013-12-04T03:38:51Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM050810201105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3564
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan/mengidentifikasi faktorfaktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi para mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember angkatan 2005/2006, 2006/2007, 2007/2008, 2008/2009, 2009/2010 yang sampai dengan tahun akademik 20097/2010 masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di jurusan tersebut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel tersebut adalah berdasarkan jumlah indikator yang dianalisis dikalikan lima. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor. Alat analisis tersebut digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. indikator-indikator yang diringkas tersebut tentunya adalah indikator yang saling berkorelasi. Penelitian ini melibatkan 13 indikator yang dianalisis. Melalui analisis faktor ditemukan empat faktor baru yang mewakili 13 indikator tersebut. Penentuan jumlah faktor berdasarkan nilai eigenvalue. Faktor yang nilai eigenvalue-nya satu atau lebih besar dianggap valid. Sedangkan faktor yang nilai eigenvalue-nya kurang dari satu dianggap tidak valid. Faktor-faktor yang ditemukan tersebut adalah faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Faktor-faktor tersebut adalah meliputi Faktor Performance Alumni, Fasilitas Laboratorium, Publikasi, dan Beasiswa. Hasil penelitian ini memberikan sumbangan prosentase kumulatif varian sebesar 61,942 %. Artinya bahwa faktor-faktor yang terbentuk tersebut dapat menjelaskan indikator-indikator yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan untuk belajar di Jurusan Manajemen pada Perguruan Tinggi tersebut. Sedangkan sisanya 38,058 % dijelaskan oleh variabel lain. Hasil penelitian ini bisa memberikan masukan/saran kepada pihak pengelola Jurusan Manajemen pada Perguruan Tinggi tersebut, bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas jurusan Manajemen maka faktor-faktor yang ditemukan tersebut sebaiknya dapat dioptimalkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050810201105;
dc.subjectPerformance Alumni, Fasilitas Laboratorium, Publikasi, dan Beasiswaen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record