Show simple item record

dc.contributor.authorTITIK MASLIKATIN
dc.contributor.authorHERU S. P. SAPUTRA
dc.date.accessioned2013-12-03T09:55:01Z
dc.date.available2013-12-03T09:55:01Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3227
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractPenelitian yang dilaksanakan di surabaya, Malang, Banyumas, dan yogiakarta ini bertujuan untuk menlusun modei k"p.rrgalarrgan- berdasarkan pola_pola penulisan kreatif pengarang terkenal Indonesia Oatam -genre prosa. penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pola-pola proses kreatif perrgururrg terkenal Indonesia, baik dalam genre prosa, puisi, maupun drama/lakon luntuf penelitian pu{1 tahun I difokuskan q:"gara*g p19,ru). Pola-pola kepengarangan dikemas dalam format yang aplikatif sehingga diharapkan mampu *"-burrgkitkan kesadaran kreatif r.r.uiigui dijadikan salah satu alternatif model kepengarangan bagi para penulis pemula untuk kemudian dikreasi sesuai imajinasi -**iog-*asingl For*ut aplikatif tersebut dilengkapi contoh kasus empiris. !'[et'r'le pendekatan yang digunakan ada]ah metode pendekatan ekspresif dengan teori s:siologi sastra dan psikologi sastra, khususnya sosiologi dan psikololi p.igururg, Ta-'ri dan metode tersebut dimanfaatkan untuk menggali data tentang ;roses"mekanisme kepengarangan, mulai dari pencarian iJe-, pengolahan ide, r'ramuan imajinasi, hingga pengemasan menjadi sebuah karya sastra. Selain itu, juga :gtsIi data tentang faktor-faktor sosiologis dan psikologis yang berpengaruh terhadap '-CIY kepengarangan. Pengumpulan data dilakukan 'dengan -tetJrit observasi :ertisipasi dan wawancara mendalam. i{:sil penelitian menunjukkan Budi Darma menganggap menulis (mengarang) nover nielah takdir. Baginya bakat langat diperlukan aaair-mengtrffig, karena orang yang ::empunyai bakat akan menghasilkan karya yang berbeaiaengan orang yu.r[ iiaul ::mmpunyai bakat. Orang yang mempunyai bakat tidak memUuttrtan dlrongan dari -':;r untuk menulis, sedangkan orang yang tidak mempunyai bakat Iehlu -Lmburuhkan dorongan dari'luar untuk menulis. Hal ini berLeda dengan Ratna :ulrasrvari ibrahim. Y"i:rplRlFa, mengarang itu seperti belajar sepeda ui* b"ru.;u, menang, kalau tidak dipraktekkan ya tidak mungkin bisa naik sepeda atau tidak :i"rgkin bisa berenang. Bakat bagi Ratna tidak mutiak,yangperlu istiqomah, rencana r-nrlr' ke san4 takdir itu mengikuti. Menurutnyu, orurg InJonesia itu kaya rasa, dan :n: naodal unfuk mengarangdalamen_US
dc.description.sponsorshipHB_2009en_US
dc.publisherFAKULTAS SASTRA '09en_US
dc.subjectpengarang Indonesiaen_US
dc.subjectModel Acuanen_US
dc.subjectPenulisan Kreatif Sastraen_US
dc.subjectgenre prosaen_US
dc.titlePola-Pola proses Kreatif pengarang Indonesia Sebagai Model Acuan pengemiangai eenulisan Kreatif Sastraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record