Show simple item record

dc.contributor.authorRira Sistiana
dc.date.accessioned2013-12-03T08:06:25Z
dc.date.available2013-12-03T08:06:25Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM080210193035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3124
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Priyono (dalam Kunandar, 2007:1) kualitas pendidikan Indonesia dianggap oleh banyak kalangan masih rendah karena yang dipelajari di lembaga pendidikan sering kali hanya terpaku pada teori, sehingga siswa kurang inovatif dan kreatif. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satu cara yaitu menggunakan model pembelajaran ROPES. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ROPES perlu diringi suatu penilaian (assessment) yaitu Penilaian Berbasis Portofolio. Menurut Popham (dalam Haribowo, 2001:1) menyatakan bahwa portofolio sebagai portofolio sebagai assessment merupakan metode pengumpulan informasi atau data secara sistemati k atas hasil pekerjaan siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang digunakan sebagai umpan balik bagi guru maupun siswa yang bersangkutan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan assessment portofolio terhadap metakognisi siswa kelas VII Semester II di SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model pembelajaran ROPES(Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan assessment portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas VII Semester II di SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan assessment portofolio terhadap metakognisi dan hasil belajar IPA biologi di SMP Negeri 7 Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental pretest-postest tak ekuivalen (Pretest-posttets Non Equivalent Control Group) pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keterampilan metakognisi, tes hasil belajar siswa, observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas dengan analisis varian(ANOVA) , dan analisis kovarian(ANOVA) terhadap data hasil penelitian. Analisis terhadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan tentang kesadaran(knowledge of cognition) dan pengaturan tentang kesadaran (egulation of cognition). Analisis terhadap data nilai pengetahuan tentang kesadaran diperoleh besarnya signifikansi 0,002(< 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen, berbeda dengan pengaruh yang diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikan 0,000((< 0,05) ehingga H0 ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh positif dalam meningkatan nilai pengetahuan tentang kesadaran dan pengaturan tentang kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Penolakan H0menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Berdasarkan hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif 10,501. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio di SMP Negeri 7 Jember dapat meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193035;
dc.subjectPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (Review,Overview, Presentation, Exercise, Summary) DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIOen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (Review,Overview, Presentation, Exercise, Summary) DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record