Show simple item record

dc.contributor.authorEvi Yuliatiningsih
dc.date.accessioned2013-12-03T07:49:22Z
dc.date.available2013-12-03T07:49:22Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM060110201072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3089
dc.description.abstractTINDAK KOMUNIKATIF PADA IKLAN PARTAI GERINDRA; Evi Yuliatiningsih; 060110201072; 82 halaman; Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Jember. Iklan Partai Gerindra yang terdapat pada media televisi merupakan bagian dari jenis iklan politik, umumnya mengkonstruksi pemirsa yang juga merupakan segmen politik sebuah partai pada saat pemilihan umum legislatif. Penyampaian iklan Partai Gerindra dapat dianalisis melalui tindak komunikatif yaitu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa dan konteks. Permasalahan penelitian ini adalah (1) jenis tindak komunikatif apa saja yang terdapat pada iklan Partai Gerindra?; (2) bagaimana wujud tindak komunikatif yang terdapat pada iklan Partai Gerindra?; (3) faktor penentu apa saja yang menentukan tindak komunikatif pada iklan Partai Gerindra?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan jenis, wujud, dan faktor penentu tindak komunikatif pada iklan Partai Gerindra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data adalah iklan Partai Gerindra yang ditayangkan pada media televisi, saat pemilihan umum legislatif pada tahun 2009 dengan jumlah sepuluh iklan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, dan penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal. Dari analisis yang dilakukan ditemukan bahwa dalam iklan Partai Gerindra terdapat jenis tindak komunikatif yaitu tindak representatif, komisif, direktif, ekspresif, deklaratif. Terdapat wujud tindak komunikatif berupa wujud memohon, meminta, dan mengharapkan; wujud meyakinkan, mempengaruhi, dan menegaskan atau menyatakan. Adapun faktor penentu dalam iklan Partai Gerindra adalah partisipan tutur, tujuan tutur, situasi tutur, konteks tempat dan keadaan, jalur yang digunakan (jalur lisan dan tulis), media yang digunakan, serta peristiwa dalam tuturan iklan Partai Gerindra. Iklan Partai Gerindra yang di tayangkan di televisi menjelaskan bagaimana partai tersebut memperkenalkan suatu partai baru dan mengajak pemirsa untuk memilih Partai Gerindra pada saat pemilihan umum legislatif. Caranya adalah dengan menampilkan ungkapan yang berupa memohon, menyatakan, menjelaskan, berjanji dan mempengaruhi pendengar pada saat iklan Partai Gerindra di tayangkan, dengan menampilkan konteks suasana alam Indonesia serta kehidupan para petani dan nelayan saat beraktivitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060110201072;
dc.subjectKOMUNIKATI, IKLANen_US
dc.titleTINDAK KOMUNIKATIF PADA IKLAN PARTAI GERINDRAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record