Show simple item record

dc.contributor.authorHIKMATUL LUTFIAH
dc.date.accessioned2014-01-29T02:01:48Z
dc.date.available2014-01-29T02:01:48Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM071520201015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26946
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran kopi bubuk PDP serta mencari formulasi strategi pemasaran kopi bubuk PDP yang dapat mendatangkan keuntungan optimal bagi Perusahaan Daerah Perkebunan Kabupaten Jember. Lokasi penelitian di Direksi Perusahaan Daerah Perkebunan Kabupaten Jember dan beberapa wilayah pemasaran kopi bubuk PDP. Metode penelitian menggunakan analisis efisiensi pemasaran dan analisis SWOT. Analisis efisiensi pemasaran menggunakan analisis nilai efisiensi pemasaran, marjin pemasaran, serta share pedagang. Analisis SWOT untuk mencari posisi usaha kopi bubuk PDP untuk selanjutnya mencari formulasi strategi pemasaran yang tepat terdiri dari analisis faktor internal (IFAS), faktor eksternal (EFAS), matriks internal eksternal dan matriks grand strategy. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi pemasaran kopi bubuk PDP kurang efisien dan masih dapat lebih ditingkatkan, saluran III sebagai saluran yang paling efisien namun dari segi volume produk yang didistribusikan hanya 11% dari total produk. Saluran I merupakan saluran inti dapat mendistribusikan 61% dari total produk. Analisis SWOT menunjukkan usaha kopi bubuk PDP berada pada posisi stabilitas dan pertumbuhan dengan rumusan strategi pemasaran konsentrasi melalui integrasi horizontal, yaitu perusahaan dapat menerapkan strategi melalui perluasan jangkauan pasar, selain itu perusahaan sebaiknya dapat meminimalkan dampak fluktuasi harga kopi dengan mempertahankan penggunaan bahan baku milik sendiri. Penetapan harga produk yang tidak mengikuti fluktuasi harga kopi harus dapat diimbangi dengan pelayanan yang baik untuk menghindari kehilangan pelanggan. Implikasi kebijakan dari penelitian ini sebaiknya Perusahaan Daerah Perkebunan meminimalkan dampak fluktuasi harga kopi dengan mempertahankan penggunaan bahan baku milik sendiri serta meningkatkan pelayanan perusahaan, selain itu melakukan koordinasi pelaku pemasaran, sehingga perusahaan dapat mengoordinasi secara langsung proses pemasaran kopi bubuk PDP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071520201015;
dc.subjectkopi bubuk PDP, efisiensi pemasaran, strategi pemasaranen_US
dc.titlePEMASARAN KOPI BUBUK PDP JEMBER ANALISIS EFISIENSI DAN STRATEGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record