dc.description.abstract | Knop atau yang sering diistilahkan dengan pegangan atau handle banyak
ditemukan penggunaannya pada laci, almari, ataupun pintu untuk keperluan
membuka dan menutup laci, almari, pintu, atau benda-benda lain di sekitar kita. Dari
beberapa model knop yang sudah ada, umumnya bentuk penyangga knop terbangun
hanya dari satu bentuk benda ruang seperti tabung atau potongan hiperboloida yang
mempunyai lengkung tunggal dan datar sehingga terlihat monoton modelnya. Pada
bagian kepala knop secara umum belum memiliki variasi relief sehingga tampilannya
menjadi kurang menarik. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memodelisasi
bentuk knop melalui penggabungan benda dasar hasil deformasi tabung dan prisma
segienam beraturan, serta modifikasi permukaan putar yang dirangkai pada tiga jenis
sumbu pemodelan sehingga menghasilkan knop yang bervariasi.
Dalam penelitian modelisasi knop ini dibagi menjadi beberapa tahapan.
Tahapan pertama adalah membangun beberapa benda dasar sebagai komponen
penyusun knop dari deformasi tabung dan prisma segi enam beraturan serta
modifikasi permukaan putar. Dalam hal ini mengoperasikan titik dan kurva kemudian
membangun permukaan dengan memutar atau menginterpolasikan kurva tersebut .
Tahapan kedua adalah merangkai beberapa benda-benda dasar komponen knop pada
tiga jenis sumbu pemodelan. Dalam hal ini membagi sumbu menjadi tiga bagian
sebagai sumbu tiap bagian kemudian mengisi bagian tersebut dengan komponen
knop. Selanjutnya tahapan terakhir dilakukan programasi untuk memodelisasi knop
tersebut dengan bantuan software Maple 13.
viii
Hasil penelitian ini mendapatkan dua prosedur untuk memodelisasi knop,
yang pertama prosedur untuk membangun beberapa benda dasar sebagai komponen
knop dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, menetapkan dua buah titik
masing-masing terletak pada sisi atas dan sisi bawah tabung, prisma segienam
beraturan, dan permukaan putar. Kedua, mengoperasikan titik-titik tersebut, | en_US |