dc.description.abstract | Penelitian dengan judul “Analisis Brand Equity Pada Produk Minuman
Serbuk Buah Instan (Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Jember) ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap brand
equity pada produk minuman serbuk buah instan merek Nutrisari, Marimas dan Jas
Jus.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu metode penelitian untuk
memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian sehingga metode ini
berkehendak mengadakan akumulasi data, memberikan gambaran terhadap
fenomena-fenomena penelitian berdasarkan pada data primer yang diambil dari
kuesioner pada responden (Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Jember yang pernah menggunakan produk minuman serbuk buah instan
merek Nutrisari, Marimas dan Jas Jus) yang ada dan tersedia pada obyek penelitian.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji validitas dan
reliabilitas dengan menggunakan metode product moment pearson, rata-rata dan
standard deviasi, test cohran, diagram performance-importance, piramida brand
loyalty, brand switching patern matrix.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nutrisari merupakan merek yang
mampu memasuki top of mind sedangkan Marimas dan Jas Jus hanya mampu
memasuki brand recall dari ingatan konsumen. Pada brand association, hanya merek
Marimas yang mampu memiliki seluruh asosiasi yang diujikan, kemudian untuk
brand perceived quality ketiga merek tersebut memiliki performance yang lebih
tinggi dari pada importancenya. Pada tingkatan brand loyalty hanya terdapat satu
merek yang memiliki piramida segitiga sempurna yaitu merek Jas Jus, Sedangkan
Merek Nutrisari dan Marimas memiliki piramida yang ideal untuk brand loyalty yaitu
piramida segitiga terbalik. | en_US |