dc.description.abstract | Penelitian ini mengambil obyek Perumahan Graha Citra Mas pada PT.
Gatra Kanaka Harum Jember yang menawarkan berbagai macam produk
perumahan antara lain: rumah tipe 36, tipe 45, tipe 54, dan tipe 70. Selain
menyediakan produk untuk masyarakat umum juga bekerja sama dengan instansi
untuk membangun perumahan pegawai atau karyawannya, seperti POLISI / TNI,
PNS, dan karyawan swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kebutuhan konsumen PT. Gatra Kanaka Harum Jember terhadap atribut-atribut
yang melekat pada produk Perumahan Graha Citra Mas, mengetahui perilaku
konsumen dan mengevaluasi Product Positioning atas atribut-atribut Perumahan
Graha Citra Mas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk
mendapatkan suatu wawasan mendalam mengenai suatu obyek penelitian
sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas sebagai dasar pelaksanaan
kebijakan dan pengambilan keputusan. Data yang didapatkan diperoleh dari hasil
wawancara langsung terhadap pihak manajemen perusahaan dan pengisian daftar
pertanyaan atau kuesioner oleh konsumen sebagai responden. Sedangkan metode
pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik non probability yaitu
purposive sampling yang dilakukan dengan memilih orang-orang yang terseleksi
oleh peneliti berdasarkan ciri-ciri atau kriteria khusus yang dimiliki sample. Untuk
mengolah data yang telah diperoleh adalah dengan mengguanakan analisis
Fishbein’s Attitude Model.
Dari hasil penelitian didapat data-data yang diperlukan dan dari hasil
perhitungan diperoleh bahwa atribut Perumahan Graha Citra Mas yaitu gaya
arsitek modern, bahan bangunan kuat, lingkungan aman dan kondusif, fasilitas air
dan listrik baik, harga murah. Kesemua atribut yang melekat sesuai dengan
perilaku konsumen.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagian besar
atau rata-rata konsumen percaya dan menerima atribut-atribut yang melekat pada
Perumahan Graha Citra Mas. | en_US |