Show simple item record

dc.contributor.authorANDRI AL-FARIZI
dc.date.accessioned2014-01-28T09:37:03Z
dc.date.available2014-01-28T09:37:03Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM020803102159
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26420
dc.description.abstract1. Dalam melakukan transaksi pembayaran rekening telepon di Telkom mengadakan perjanjian kerja sama dengan pihak-pihak lain yang disebut dengan CA (Colletion Agent) yang terdiri bank operating dan institusi lain. Ada lima bank operasional yang ditunjuk oleb PT.Telkom yaitu bank pemerintah antara lain : Bank Mandiri (BBD, BDN, BEII) BNI 46 dan BRI yang berfungsi sebagai rekening penampung piutang usaha, berasal dari CA seperti KOPEGTEL (Koperasi Pegawai Telkom) Adapun prosedur adiministrasi pembayaran jasa telekomunikasi yang dilaksanakan oleh PT.TELKOM KANDATEL Jember adalah sebagai berikut : a. Pelanggan melakukan pembayaran datang ke Payment Point (loket pembayaran jasa telekomunikasi) b. Petugas bagian loket memasukkan nomor rekening pelanggan dan mencetak kwitansi LII c. Kemudian Officer 2 Cash Collection memvalidasi dan mencetak semua transaksi lalu dilaporkan ke Officer 3 Cash Collection d. Setelah semua data diperiksa lalu Officer 3 Cash Collection melaporkan kebagian keuangan 2. Sistem administrasi pembayaran rekening jasa telekomunikasi di PT.Telkom menggunakan komputerisasi yang dinamakan dengan SISKA yang merupakan sistem aplikasi untuk mengolah berbagai manajemen yang diperlukan bagi pihak-pihak yang membutuhkan. a. Yang pertama kali harus dilakukan yaitu manajemen tekhnik ADKAB, yang berisi tentang pembangunan data infrastruktur jarkab yang akan menjadi komoditi jual beli pihak komersial / niaga.b. Setelah basis data adkab tersedia maka niaga dapat memasarkan jasa telekomunikasi melalui manajemen komersial. Seperti pasang baru jaringan telepon, mutasi. c. Kemudian manajemen finansial berfungsi mengolah mulai dari pengekringan, tagihan bulanan dan manajemen tunggakan. d. Manajemen yang terakhir yaitu pelaporan, yang berguna untuk membuat laporan-laporan manajemen dari semua data. 3. Unit Payment and management billing akan selalu menerima, melayani dan menyelsaikan bentuk-bentuk pengaduan/complain yang disampaikan oleh pelanggan sesuai dengan peraturan yang berlaku, karena unit khususnya dan PT. Telkom pada umumnya mengutamakan kebutuhan dan kepuasan pelanggan, dan selalu mencarikan solusi terbaik apabila terjadi masalahmasalah pembayaran. 4. PT. Telkom juga menyediakan pelayanan penyampaian informasi tagihan jasa telekomunikasi sehingga akan membantu pelanggan dalam menyelesaikan jumlah tagihan yang harus dibayar sebelum pelanggan datang ke payment point dan pelanggan dapat menghubungi layanan : a. call center dengan nomor telepon 147 yang dapat diakses langsung b. intagjastel/invoice billing yang langsung diantar ke rumah pelanggan c. info billing akses interneten_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020803102159;
dc.subjectPEMBAYARAN JASA TELEKOMUNIKASIen_US
dc.titlePELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELKOM TBK KANDATEL JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record