dc.contributor.author | ZAENAL ABIDIN | |
dc.date.accessioned | 2014-01-28T03:52:20Z | |
dc.date.available | 2014-01-28T03:52:20Z | |
dc.date.issued | 2014-01-28 | |
dc.identifier.nim | NIM080810201171 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26177 | |
dc.description.abstract | Usaha ritel modern atau minimarket yang kualitas layanannya lebih baik dari
pada ritel tradisional menyebabkan banyaknya terjadi pergeseran perilaku konsumen,
yang sebelumnya berbelanja di ritel tradisional kemudian berpindah ke minimarket.
Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku
konsumen dalam berbelanja dari ritel tradisional ke minimarket di Kecamatan
Kabupeten Jember, dengan unit analisis ibu rumah tangga. Data penelitian terdiri dari
data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden dan informan dengan
kuesioner dan teknik wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan berupa
kuesioner dan pedoman wawancara mendalam. Metode sampling menggunakan
metode sampel wilayah (area sampling) setingkat Kelurahan/Rukun Tetangga (RT)
dipilih berdasarkan pertimbangan kedekatan dengan pusat-pusat minimarket dan ritel
tradisional kemudian pengambilan sampel responden dengan mempertimbangkan
stratum (Kelompok RT) yang mengerti dan pernah berbelanja di ritel tradisional dan
ritel moderndi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis penelitian
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku
konsumen minimarket dikonstruksi oleh faktor strategi bauran ritel, lingkungan luar,
lingkungan individu dan manfaat pertukaran sumber daya. Bauran ritel yang adaptif
dengan perubahan lingkungan berperan menciptakan perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian di minimarket. Kepuasan konsumen dan
keinginan untuk membeli ulang di minimarket juga merupakan indikasi keberhasilan
strategi bauran ritel, di samping faktor manfaat lain yang diterima konsumen sebagai
akibat pembelian produk. Respon positif konsumen terhadap strategi bauran ritel
minimarket merupakan bentuk aktualisasi diri konsumen sebagai akibat proses belajar
terhadap lingkungannya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080810201171; | |
dc.subject | Perilaku Konsumen, Ritel Tradisional, Ritel Modern, Minimarket. | en_US |
dc.title | ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBELANJA DARI RITEL TRADISIOANAL KE RITEL MODERN DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |