dc.description.abstract | Penelitian tentang Penentuan Strategi Pemasaran Berbasis Matriks Boston
Consulting Group Pada CV. Kamaml Lestari Gambiran Kalisat Jember ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relative,
pangsa pasar, dan untuk memetakan produk dalam matriks Boston Consulting
Group (BCG) dan menentukan alternative strategi perusahaan beras CV. Kamal
Lestari pada tahun 2007.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data penjualan
jenis beras CV. Kamal Lestari dan data permintaan industri beras di Jember dari
tahun 2002 sampai dengan tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif. Sedangkan metode analisis menggunakan Matriks Boston Consulting
Group yang bertujuan untuk memetakan setiap jenis merk beras yang dimiliki
oleh CV. Kamal Lestari. Sehingga dengan mengetahui posisi tiap merk
perusahaan dapat menentukan strategi yang sesuai untuk kemajuan perusahaan.
Dalam operasionalnya matrik ini memiliki dua sumbu dan terdiri dari empat sel.
Kedua sumbu tersebut adalah sumbu vertical dan sumbu horizontal. Sumbu
vertical menggambarkan Tingkat Pertumbuhan Pasar (Market Growth Rate) yang
merupakan proksi daya tarik industri. Sedangkan sumbu horizontal
menggambarkan besarnya pangsa pasar relative (Relative Market Share) yang
dimiliki oleh masing-masing usaha unit usaha strategi. Empat sel tersebut adalah
sel bersimbol tanda Tanya (?), simbol bintang (Star), symbol rupiah (Cash cow),
anjing (dog).
Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa analisis yang telah dilakukan
dengan menggunakan Matriks Boston Consulting Group (BCG) pada CV. Kamal
Lestari dapat disimpulkan posisi pemetaan merk Cobra, Dua Kelinci, dan Banteng
sama-sama berada dalam posisi “Cash Cow” . Sehingga strategi yang dianjurkan
untuk produk beras merk Cobra, Dua Kelinci dan Banteng yang berada pada
posisi Cash Cow adalah memanen dan mempertahankan unit usaha yang ada. | en_US |