ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS JASA PADA FOOD COURT GOLDEN MARKET JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen atas
kualitas jasa pada Food Court Golden Market Jember serta untuk mengetahui
posisi masing-masing atribut kualitas jasa pada diagram kartesius.
Penelitian ini menggunakan metode sampling purposive sampling dengan
jumlah responden 75. Alat analisis yang akan digunakan adalah Analisis
SERVQUAL dan diagram kartesius. Alasan digunakan analisis SERVQUAL dan
diagram kartesius adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen atas kualitas jasa
pada food court Golden Market Jember.
Berdasarkan pelaksanaan kinerja layanan yang diberikan Food Court
Golden Market Jember merupakan hal sangat penting karena berkaitan dengan
kepuasan pelanggan itu yang berawal dari harapan konsumen terhadap kualitas
kinerjanya. Kinerja layanan dalam hasil penelitian ini dapat diketahui skor ratarata
performance sebesar 3,806 sedangkan skor expectation sebesar 4,529. Hal ini
menunjukkan bahwa konsumen tidak puas terhadap kualitas layanan jasa.
Atribut yang termasuk dalam kuadran A adalah kemampuan karyawan
melayani permasalahan konsumen dengan baik, konsumen mendapatkan
informasi yang jelas tentang fasilitas layanan, terjaminnya kebersihan dan
kehigienisan produk. Atribut jenis makanan yang dipilih, penyajian makanan
dalam keadaan bersih, sehat dan kreatif, tampilan ruangan yang rapi dan bersih,
penampilan karyawan rapi dan menarik, kecepatan karyawan dalam melayani
konsumen, karyawan aktif dalam menawarkan kemudahan dalam memberikan
pelayanan pada konsumen, mampu menjawab keluhan konsumen dengan baik dan
ramah serta memperhatikan keramahtamahan dalam menyampaikan informasi
termasuk dalam kuadran B. Atribut kemudahan konsumen dalam menjalin
komunikasi dengan karyawan, karyawan memperhatikan kebutuhan dan
keinginan konsumen serta kemudahan konsumen dalam memanfaatkan layanan
karyawan termasuk kuadran C. Sedangkan atribut keamanan saat berada dalam
food court GM Jember termasuk dalam kuadran D.