Show simple item record

dc.contributor.authorBeta Ria Herlina
dc.date.accessioned2014-01-27T23:29:26Z
dc.date.available2014-01-27T23:29:26Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM092310101084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25717
dc.description.abstractAutis merupakan suatu gangguan perkembangan yang sangat komplek dan secara klinis ditandai oleh adanya tiga gejala utama berupa kualitas yang kurang dalam kemampuan interaksi sosial dan emosional, kualitas yang kurang dalam kemampuan komunikasi timbal balik, minat yang terbatas, perilaku tak wajar, disertai gerakan-gerakan berulang tanpa tujuan atau stereotipik Gejala autis akan tampak pada anak belum berumur 3 tahun, yakni mencakup bidang interaksi, komunikasi dan perilaku serta cara bermain yang tidak seperti anak lain. Anak autis pada usia dua dan tiga tahun dimana anak balita lain mulai belajar bicara, anak autis tidak menampakkan tanda-tanda perkembangan bahasa . Metode Lovaas atau Applied Behaviour Analysis (ABA) adalah metode tata laksana perilaku yang berkembang sejak puluhan tahun, ditemukan oleh Ivar O. Lovaas seorang psikolog Amerika, Universitas California Los Angeles, Amerika Serikat. Kelebihan metode Lovaas dibanding metode lain adalah sifatnya yang sangat terstruktur, kurikulumnya jelas, dan keberhasilannya bisa dinilai secara obyektif. Metode ini melatih anak melakukan berbagai macam keterampilan yang berguna untuk hidup bermasyarakat. Anak berlatih berkomunikasi, berinteraksi, berbicara, berbahasa, dan lain-lain, namun yang pertama-tama perlu diterapkan adalah latihan kepatuhan. Konsep kepatuhan ini sangat penting agar mereka dapat mengubah perilaku sendiri menjadi perilaku yang lazim dan diterima masyarakat. Latihan ini apabila tidak dijalankan secara konsisten maka perilaku itu akan sulit diubah, sehingga metode Lovaas yang merupakan metode yang menekankan pada analisis perilaku diharapkan akan menunjang penyembuhan penderita autis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries092310101084;
dc.subjectHUBUNGAN TERAPI WICARA METODE LOVAASen_US
dc.titleHUBUNGAN TERAPI WICARA METODE LOVAAS DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK AUTIS DI KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeWorking Paperen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record