Show simple item record

dc.contributor.authorYuyun Ernawati
dc.date.accessioned2014-01-27T23:23:57Z
dc.date.available2014-01-27T23:23:57Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM082310101058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25711
dc.description.abstractAnak usia sekolah merupakan suatu periode kritis sebagai dasar sikap dan perilaku yang akan dibawa hingga dewasa. Anak yang memiliki kepercayaan diri akan yakin dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga membuat anak memiliki dorongan untuk berprestasi dengan mengenal kelebihan dan kekurangannya, dan memiliki keberanian dalam berinteraksi dengan orang lain. Kepercayaan diri ini dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan oleh lingkungan sosial anak meliputi keluarga, teman, dan guru di lingkungan sekolah anak. Hasil studi pendahuluan diketahui bahwa anak akhir yang segera akan memasuki masa awal remaja ini memiliki kepercayaan diri yang kurang di lingkungan sekolah anak karena berbagai macam hal yang salah satunya karena pada saat ini anak menghadapi banyak stress dibandingkan generasi sebelumnya. Fenomena seperti ini dapat ditemukan di Sekolah Dasar Negeri Jember lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dengan suatu sistem yang mendorong anak harus mampu bersaing dan berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada masa kanak-kanak akhir di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Desain penelitian adalah kuantitatif menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 509 siswa yang merupakan siswa yang telah memasuki masa kanak-kanak akhir di Sekolah Dasar Negeri Jember lor 1 Kecamatan Patrang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Penelitian dilakukan di SDN Jember Lor 1 Kecamatan Patrang, dan alat pengumpulan data adalah kuesioner sehingga data yang diperoleh adalah ix data primer. Uji validitas dan reabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak lebih banyak yang merasa mendapatkan dukungan rendah dari lingkungan sosial yaitu sebanyak 113 (50,4%) siswa. Dukungan rendah tersebut menunjukkan bahwa hubungan interpersonal anak dengan otang tua, teman dan guru untuk bertukar informasi, barang maupun tersedianya bantuan masih dalam kategori rendah. Hal ini memiliki dampak pada rendahnya kepercayaan diri pada siswa, yang ditunjukkan dengan presentase kepercayaan diri rendah lebih banyak ditemukan yaitu sebanyak 117 (52,2%) siswa. Kepercayaan diri yang rendah menunjukkan bahwa siswa memandang dirinya kurang mampu, kurang berani untuk maju, dan kurang mandiri dalam menghadapi kesulitan di sekolah. Perhitungan uji statistic chi square didapatkan p value 0,000 dan OR 6,266 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada masa kanak-kanak akhir di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Terdapat asosiasi positif yaitu anak yang mendapat dukungan sosial akan berpeluang 6,266 kali untuk memiliki kepercayaan diri pada anak. Dengan demikian perlu kiranya untuk melakukan tindak lanjut dari penelitian ini melalui pendidikan kesehatan tentang pentingnya dukungan sosial dalam meningkatkan kepercayaan diri anak, terutama dukungan sosial yang berasal dari teman sebaya, dan orang tua untuk meningkatkan kepercayaan diri anak khususnya pada aspek keyakinan akan kemampuan dan sikap mandiri untuk tidak tergantung dengan orang lain ketika menghadapi kesulitan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082310101058;
dc.subjectHUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MASA KANAK-KANAK AKHIR DI SEKOLAH DASARen_US
dc.titleHUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MASA KANAK-KANAK AKHIR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JEMBER LOR 1 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record