dc.description.abstract | Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam
interaksi yang aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan
dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu
bersifat secara relatif konstan. Pendidikan Profesi Dokter adalah proses
Pendidikan Dokter untuk diterapkan di masyarakat. Pendidikan dan pelatihan ilmu
kedokteran bervariasi di setiap negara, namun di hampir semuanya pendidikan ini
dibuka mulai dari sekolah kedokteran atau Fakultas Kedokteran di tingkat
Universitas selama waktu yang ditentukan. Lingkungan belajar mahasiswa
pendidikan profesi merupakan salah satu faktor penentu dalam prestasi belajar,
lingkungan belajar yang baik diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar
mahasiswa. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh lingkungan belajar klinik terhadap prestasi belajar pada mahasiswa
Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember, sedangkan tujuan khususnya
adalah untuk (1) mengetahui lingkungan belajar klinik yang terdapat di Fakultas
Kedokteran Universitas Jember, (2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa
Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember, dan (3) mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter
Universitas Jember.
Penelitian ini menggunakan desain potong lintang perbandingan yang
dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Jember pada bulan Oktober
2009 sampai November 2009. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa
Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember yang telah lulus Pendidikan Profesi
pada tahun 2009. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik total sampling. Lingkungan belajar diukur dengan menggunakan kuesioner
vii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
DREEM yang diisi sendiri oleh subyek penelitian. Analisis statistik ditampilkan
dalam bentuk STATA versi 6 dengan menggunakan uji chi square. Data yang
mempunyai nilai P < 0,25 dilakukan uji analisis bivariat menggunakan uji Regresi
Cox. Pengambilan kesimpulan statistik dilakukan dengan menggunakan tingkat
kepercayaan ά = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang beranggapan lingkungan
belajar baik sebanyak 57,14 % sedangkan 42,86 % lainnya menganggap
lingkungan belajar mereka kurang baik. Berdasarkan uji statistik diketahui bahwa
tidak ada pengaruh antara lingkungan belajar klinik terhadap prestasi belajar
mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember. Faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar adalah kesiapan belajar mandiri. Untuk faktorfaktor
lain
yang
diteliti
seperti
jenis
kelamin,
gaya
belajar,
pendekatan
belajar,
dan
tempat
tinggal diketahui tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar
mahasiswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesiapan belajar mandiri terbukti
mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi
Dokter Universitas Jember. Jumlah mahasiswa yang siap belajar mandiri
sebanyak 58,44 % sedangkan yang tidak siap sebanyak 41,56 %. | en_US |