Show simple item record

dc.contributor.authorFitrianing Kumala Pertiwi
dc.date.accessioned2014-01-27T04:41:11Z
dc.date.available2014-01-27T04:41:11Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM010810301120
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25188
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi mahasiswa jurusan akuntansi baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam menyikapi diselenggarakannya Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) serta untuk mengkaji perbedaan persepsi diantara mahasiswa jurusan akuntasi perguruan tinggi negeri dengan mahasisw jurusan akuntansi perguruan tinggi swasta dalam menyikapi diselenggarakannya Pendidikan Profesi Akuntan (PPA). Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif yang memfokuskan pada pembuktian hipotesis (Hypotesis Testing) serta pemahaman melalui berbagai tes. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa akuntansi yang terdaftar dapa perguruan tinggi di Jember masing-masing semester genap tahun ajaran 2002/2005. Populasi tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Analisis data yang digunakan adalah uji instrument data, uji normalitas data, uji One Sampe t-test dan Independent Sample t-test. Berdasakan hasil pengujian hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa mahasiswa akuntansi PTN mempersepsikan PPA perlu diselenggarakan. Dengan kata lain, mahasiswa akuntansi PTN mempunyai persepsi yang positif terhadap diselenggarakannya PPA. Hasil pengujian hipotesis kedua juga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa akuntansi PTS mempersepsikan PPA perlu diselenggarakan. Dengan kata lain, mahasiswa akuntansi PTS juga mempunyai persepsi yang positif terhadap diselenggarakannya PPA. Dengan diselenggarakannya PPA akan memberi kemudahan bagi mahasiswa akuntansi PTS dalam memperoleh gelar Akuntan, Karen mereka tidak perlu lagi mengikuti UNA Dasar dan UNA Profesi. Hasil pengujian hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi PTN dan mahasiswa akuntansi PTS dalam menyikapi diselenggarakannya PPA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa akuntansi PTN dan PTS mempunyai persepsi yang posistif terhadap diselenggarakannya PPA serta ada perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi PTN dan PTS. This Research aim is to study the perception of student of accountancy majors of either in college of country and also private sector in attitude carrying out of Education of Accountant Profession (PPA) and also to study the perception difference of among student of majors of accountancy of country college with the student of majors of accountancy of college of private sector in attitude carrying out of Education of Accountant Profession (PPA). This research is conducted to use the quantitative approach is which focused of hypothesis verification (Hypothesis Testing) and also understanding of through/passing various test. Population in research is student of accountancy majors enlisted at college in Jember of each for the semester of even of teaching year 2002/2005. The population divided to become 2 (two) group that is student of accountancy of Country College (PTN) and student of accountancy of Private Sector College (PTS). Analysis the data used by test of data instrument, test the normality data, test the One Sample t-test and Independent Sample t-test. Pursuant to inferential first hypothesis examination result that student of accountancy of PTN of perception PPA need the diselenggarakan. Equally, student of accountancy PTN have the perception which are positive to carrying out of PPA. Result of inferential second hypothesis examination also that student of accountancy of PTS of perception PPA require to be carried out. Equally, student of accountancy PTS also own the perception which positive to carrying out of PPA. Carried out of PPA will give the amenity for student of accountancy PTS in obtaining Accountant title, because them needn’t again follow the elementary UNA and UNA Profession. Result of inferential third hypothesis examination that do not there are perception difference of between student of accountancy of PTN and student of accountancy PTS in attitude carrying out of PPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010810301120;
dc.subjectPERGURUAN TINGGI NEGERIen_US
dc.titleAnalisis Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Perbandingan Pada Mahasiswa PTN dan PTS di Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record