Show simple item record

dc.contributor.authorAndre Yulianto
dc.date.accessioned2014-01-27T01:11:04Z
dc.date.available2014-01-27T01:11:04Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM070810291113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24772
dc.description.abstractPenelitian dengan judul analisis produk positioning rokok kretek berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning produk rokok kretek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang mengambarkan kemiripan atribut produk rokok kretek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Atribut yang diteliti meliputi produk, harga, cita rasa, merek, dan aroma. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah merasakan produk rokok kretek yang meliputi merek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak yang berdomisili di wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang merupakan wilayah eks Kota Administratif Jember yang terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Kecematan Sumbersari, Kecamatan Patrang, dan Kecamatan Kaliwates. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobabolity sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 60 responden. Model analisis yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS) dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Sampoerna Ijo, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak memiliki daya saing yang kuat dipasaran. Hal ini dapat dilihat dari persepsi konsumen yang menilai kekuatan daya saing ketiga produk tersebut bersumber pada produk, harga, cita rasa, dan aroma. Selain itu, dalam benak konsumen ada kemiripan tentang produk, harga, cita rasa, dan merek antara Djarum 76 dan Dji Sam Soe. Fakta ini didukung oleh hasil pemetaan dengan basis kepuasan pelanggan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070810291113;
dc.subjectANALISIS PRODUK POSITIONING ROKOK KRETEKen_US
dc.titleANALISIS PRODUK POSITIONING ROKOK KRETEK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record