dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peta positioning Yamaha VIxion
di kota Jember. Dasar yang digunakan untuk memposisikan Yamaha VIxion
adalah persepsi pengguna Yamaha V-Ixion terhadap kemiripan atribut
determinan yang terdiri dari harga beli, pilihan warna, teknologi mesin, desain
body dan ketersediaan spareparts Yamaha V-Ixion. Teknik analisis adalah
Multidimensional Scaling (MDS). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil
responden sebanyak 60 responden dengan metode purposive sampling. Data yang
diperoleh diuji menggunakan analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan
kesahihan (Validity and Reliability), hasil peta positioning Yamaha V-Ixion, dan
kesamaan sikap responden dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil
analisis terdapat perbedaan posisi antara Yamaha V-Ixion dengan sepeda motor
sport lainnya dan menunjukkan bahwa Yamaha V-Ixion tidak mempunyai pesaing
langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan terbesar atau
diferensiasi yang jelas dan unik yaitu pada atribut harga beli, teknologi mesin,
desain body dan ketersediaan spareparts. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan
sikap responden juga menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan
sikap dalam menilai kemiripan Yamaha V-Ixion dan sepeda motor sport lainnya . | en_US |