dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh upstream supply chain
management terhadap daya saing perusahaan pemasok yang memasok material
untuk PT. Surabaya Autocomp Indonesia. Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini antara lain X
1
= supplier development, X
2
= supplier partnering, X
= JIT purchasing dan Y = daya saing perusahaan pemasok. Metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan tingkat
signifikansi (α) = 5%. Jenis penelitian ini adalah sensus dengan jumlah
populasinya adalah 57 perusahaan pemasok yang memasok material untuk PT.
Surabaya Autocomp Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara
simultan upstream supply chain management berpengaruh signifikan terhadap
daya saing perusahaan pemasok. Upstream supply chain management yang terdiri
dari variabel supplier development, supplier partnering dan JIT purchasing secara
parsial juga mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap daya saing
perusahaan pemasok dengan menempatkan variabel supplier partnering sebagai
variabel yang dominan pengaruhnya terhadap daya saing perusahaan pemasok | en_US |