dc.description.abstract | Fisika
adalah
Ilmu
Pengetahuan
Alam
(IPA)
merupakan
salah
satu
mata
pelajaran
inti
disemua
jenjang
pendidikan
sekolah
(dari
tingkat
SD
hingga
sekloah
menengah).
Fisika
adalah
bidang
ilmu
ya
ng
banyak
membahas
tentang
alam
dan
gejalanya
,
dari
ya
ng
bersifat
riil
(terlihat
secara
nyata)
sehingga
yang
bersifat abstrak
atau b
ahkan
hanya b
ersifat teori
yang pembahasann
ya
m
elibatkan
kemampuan
imaginasi
atau
keterlibatan
gambaran
mental
seseorang
ya
ng
kuat.
Dengan
demikian
penjelasan
fisika
sering
tidak
dapat
dipahami
dengan
mudah
oleh
siswa.
Fisika
dalam
pembelajaran
tidak
hanya
menyangkut
dua
aspek
proses
dan
produk,
tetapi
lebih
dari
itu,
dalam
diharapka
n
dapat
memunculkan
keterlibatan
sikap
ilmiah
(
scientificaattitude
)
pada
individu
(pembelajaran)
(walter,
et.al
1988:
Carin
&Sound,
1997).
Proses
(
process
or
methods
)
adalah
kegiatan
yang
meliputi:
observasi,
membuat
hipotesis,
marencanakan
dan
melaksanakan ekperimen, evaluasi data pengukuran, dan sebagain
ya
. (Sutarto dan
Indrawati,
2010).
Salah
satu
model
pembelajaran
yang
diprediksi
mampu
mengatasi
rendahnya
motivasi,
hasil
belajar,
aktivitas
dan
sikap
ilmiah
adalah
pembelajaran kooperatif,
ya
itu
guru bertindak
sebagai pembim
bing
dan
fasilitator
dalam
mencapai
tujuan
pembelajaran.
Beberapa
ahli
menyatakan
bahwa
model
pembelajaran
kooperatif
tidak
hanya
unggul
membantu
siswa
untuk
memahami
konsep-konsep
fisika,
tetapi
juga
menumbuhkan
kemampuan
kerjasama,
bertanggung
jawab
terhadap
sesama
teman
kelompok
untuk
mencapai
tujuan
kelompok
adalah
Think-pair-share
atau
berfikir
berpasangan
dan
berbagi
maka peneliti
menggunakan
judul
“
Pengaruh
Model
Pembelajaran
TPS(
Think
Pair
Share
) dengan
Metode
Eksperimen terhadap
Hasil
Belajar dan
Sikap
Ilmiah
siswa Kelas VII
SMPN 10 Jember”
Tujuan
dari
penelitian
ini
adalah
:
(1)
mengkaji
pengaruh
model
pembelajaran
Think-pair-share
dengan
metode
Eksperimen
terhadap
Hasil
belajar
siswa
dalam
pembelajaran
fisika
di
kelas
VII
SMPN
10
Jember
dan
(2)
mengkaji
pengaruh
model
pembelajaran
Think-pair-share
dengan
metode
Eksperimen
terhadap
Sikap
I
lmiah
siswa
dalam
pembelajaran
fisika
di
kelas
VII
SMPN 10 Jember.
Jenis
penelitian
ini
adalah
true
eksperiment
.
Tempat
penelitian
dilaksanakan
di
SMPN
10
Jember..
Responden
penelitian
ditentukan
setelah
dilakukan
uji
homogenitas
pada
kelas
VII.
Penentuan
sampel
penelitian
menggunakan
purposive
sampling
.
Desain
penelitian
menggunakan
desain
posttest
control
design
.
Dalam
penelitian
ini
terdapat
satu
kelas
ekperimen
yang
menerima
pembelajaran
dengan
model
Think-pair-share
dengan
metode
Eksperimen.
Metode
pengumpulan
data
dalam
penelitian
ini
adalah
observasi,
wawancara,
tes,
dan
dokumentasi.
Teknik
analisis
data
menggunakan
uji
Independent
Sample T Test
program
SPSS 16.
Berdasarkan
analisis
data,
secara
umum
dapat
disimpulkan
ada
pengaruh
yang signifikan antara hasi
l belajar siswa
ya
ng menggunakan pembelajaran
Thinkpair-share
dengan
metode
Eksperimen
dan
ya
ng
tidak
menggunakan
pembelajaran
Think-pair-share
dengan
metode
Eksperimen
kelas
XI
VII
SMPN
10 J
ember. Secara
khusus
dapat disimpul
kan:
(1)
model
pembelajaran
Think-pair-
share
(TPS)
dengan
metode
Eksperimen
berpengaruh
terhadap
Hasil
belajar
siswa
dalam
pembelajaran
fisika
di
kelas
VII
SMPN
10
Jember;
(2)
model
pembelajaran
Think-pair-share
dengan
metode
Eksperimen
berpengaruh
terhadap
Sikap ilmiah
siswa dalam pembelajara
n fisika di kelas VII SMPN 10 Jember | en_US |