• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengem bangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocalio nal Skill di SMK dengan Pendekatan Kontekstuat Berbasis Masalah Kejuruan

    Thumbnail
    View/Open
    Hobri.pdf (4.561Mb)
    Date
    2013-12-02
    Author
    Hobri
    Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini, siswa SMK belajar matematika karena "terpaksa". Tuntutan kurikulum yang ada serta peran guru matematika SMK selama ini belum mampu meyakinkan Secara nyata bahwa matematika perlu dikuasai oleh siswa, baik sebagai alat untuk berfikir (logika) maupun sebagai alat menyelesaikan masalah kejuiuan secara praktis (sederhana). Satu hal penting dalam upaya ini adalah minunjukkan secara nyata dan sederhana bahwa konsep-konsep matematika dapat diaplikasikan dalam banyak persoalan kejuruan, terutama dalam hal hitung menghitung. Desain model pembelajaran matematika berorientasi vocational skill dikembangkan guna memenuhi adanya tuntutan (kebutuhan) untuk menciptakan kebermaknaan kepada diri siswa SMK bahwa belajar matematika sebagai mata pelajaran kelompok adaptif sangat membantu dalam memahami dan menguasai mata pelajaran kejuruan (produktif). Dalam proses pembelajaran, tujuan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi, mulai dari desain pembelajaran, alat peraga, pembentukan kelompok, sampai pada presentasi siswa di kelas. Dengan demikian, siswa SMK akan termotivasi belajar matematika dan menguasainya dengan perasaan senang dan tidak ada paksaan. Model pernbelajaran matematika berorientasi pada vocational .skill yang dikembangkan, meliputi 4 aspek, yaitu : (l) melibatkan aspek psikomotorik, (2) materi (konsep) matematika terkait langsung dengan masalah kejuruan, (3) pembentukan konsepsi matematika siswa diperoleh melalui simulq! alat-.a.l1t kejuruan, dan (4) aplikasi atau terapan matematika yang dikerjakan S-rswa tidak verbal. Empat aspek tersebut, selanjutnya diterjemahkan dalam strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran kontekstual berbasis masalah kej uruan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk, yang proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Dalam penelitian ini yang dikembangkan berupa model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan instrumen-instrumen yang diperlukan. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Plomp, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Adapun fase-fase pengembangaq model Plomp dalam penelitian ini adalah : (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. llt
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2457
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository