Show simple item record

dc.contributor.authorAnang Arista
dc.date.accessioned2014-01-26T23:13:44Z
dc.date.available2014-01-26T23:13:44Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM090810301008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24541
dc.description.abstractra kti k pe ng un g ka p a n c orporat e social re sponsi bil it y m u lai be rke mbang tahun be lak a n g a n ini . Menu rut p e ne li ti a n Global Re port ing Initia ti v e (2008 ) menje laska n ter da p a t pe ning k a tan jum lah pe rusa ha a n y a n g membu a t lapor a n c orporat e social re sponsi bil it y di se luruh ne ga r a y a it u se kit a r 300 di tahun 1996 menja di 3. 100 di tahun 2008 (F it ria d a n Ha rta nt i, 2010) . P e ng un g k a pa n c orporat e social re sponsi bil it y dig una ka n oleh p e rusa h a a n untuk meng info rma sikan ke pa d a stake holder ba hwa pe r usaha a n tela h mela ku ka n tangg un g jaw a b sosi a l da n li ng kun g a n. I n for masi te rse but a ka n b e d a mpak p osit if pa da c it ra pe rus a ha a n ter ha d a p investor. P e rba nka n di I ndon e sia khususn y a B US (Ba nk Umum S y a ria h) y a n g menga lami pe rke mban ga n pe s a t ju g a mela kuk a n pe n g un g k a pa n c orpo rate social re sponsi bil it y y a n g mer u pa ka n pe r wujuda n da ri t ujuan s y a ria h da n tata n a n pe ra tura n y a n g b e rla ku. S e ba ga i e nti tas be rla nda skan s y a ria h se pa tut n y a ba nk umu m s y a ria h mela kuka n pe n g un g k a pa n c orporat e social re sp onsi bil it y y a n g me rupa k a n wujud tra nspar a si ke p a da Allah , manusia, da n a lam. B a nk umum s y a ria h se ba ga i pe rse roa n ter ba tas ju g a s e pa tut n y a mela kuka n pe n g un g k a pa n c orporat e social re sponsi bil it y se suai de n ga n p e ra tur a n UU No. 40 T a hun 2007 P a sa l 66 a y a t 2 ( c ) y a n g menje laska n ba hwa se ti a p p e rusa h a a n pe rse roa n te rba tas di I ndon e sia ter masuk pe rusa ha a n pe rba nka n, diwa ji bka n u ntuk memua t lapor a n pe laksa na a n tan ggun g jaw a b sosi a l & li ng kun g a n da l a m l a pora n tahuna n pe rus a ha a n. P e ne li ti a n ini mengg un a ka n da t a se kunde r y a i tu lapur a n tahun a n ( an nual re port ) ba nk umum s y a r iah se lama pe riod e 2007 sa mpai 2011. Va ri a be l i nde pe nde n x dalam penelitian ini yaitu: ukuran, ukuran dewan komisaris, umur, dan profitabilitas. Pengukuran variabel independen yaitu: ukuran dengan (ln) total aset bank umum syariah, ukuran dewan komisaris dengan jumlah dewan komisaris bank umum syariah, umur dengan lama bank umum syariah tercatat di Bank Indonesia sebagai perusahaan berlandaskan prinsip syariah, profitabilitas dengan rasio ROE bank umum syariah. Sementara variabel dependen penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility bank umum syariah di Indonesia. Indeks yang digunakan untuk menentukan pengungkapan corporate social responsibility adalah ISR (Islamic Social Reporting). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ukuran bank umum syariah berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility sedangkan ukuran dewan komisaris, umur dan profitabilitas bank umum syariah tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini menunjukkan bahwa variabel ukuran bank umum syariah memiliki pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dikarenakan ukuran yang semakin besar akan membuat bank umum syariah menjadi sorotan publik sehingga perusahaan akan semakin banyak melakukan pengungkapan corporate social responsibility yang digunakan untuk menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan baik serta didasarkan untuk mencapai tujuan syariah. Untuk variabel ukuran dewan komisaris menunjukkan bahwa semakin banyak atau sedikitnya jumlah dewan komisaris yang dimiliki bank umum syariah tidak akan mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility sehingga dapat dikatakan bahwa dewan komisaris pada bank umum syariah tidak efektif dalam memberi petunjuk dan mengawasi manajemen (direksi) mengenai laporan pengungkapan corporate social responsibility. Sementara variabel umur menunjukkan bahwa semakin lama bank umum syariah terdaftar di Bank Indonesia berlandaskan prinsip syariah, tidak akan mempengaruhi perusahaan dalam melakukan pengungkapan corporate social responsibility sehingga perusahaan yang telah lama berdiri dan perusahaan baru berdiri tidak memiliki perbedaan dalam xi luas pe n g un g ka p a n c orp orat e social re sponsi bil it y . S e jala n d e n g a n it u, unt uk va ria b e l pr of it a bil it a s men unjukkan ba hw a pr of it a bil it a s y a ng diper oleh p e rusa h a a n ti da k a ka n mempe nga ruhi p e n g un gka pa n c orporat e social re sponsi bil it y se hingg a disi mpul ka n ba hwa man a jeme n b a n k umum s y a ri a h ti da k be rpa tokan p a da b e sa r ke c il n y a pr of it a bil it a s y a n g dipe role h untuk mel a kuka n pe ng un g k a pa n c orpor ate social re sponsi bil it y .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090810301008;
dc.subjectCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONES IAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record