Show simple item record

dc.contributor.authorTitok Fajar Ashari
dc.date.accessioned2014-01-26T22:50:16Z
dc.date.available2014-01-26T22:50:16Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24491
dc.description.abstractPembangunan yang terus digalakkan sampai saat ini, mendorong timbulnya inovasi dan teknologi baru diberbagai bidang. Seiring dengan meningkatnya pembangunan bidang ekonomi, kapasitas dan kualitas kendaraan yang ada juga meningkat, sehingga jalan sebagai prasarana perhubungan darat dikhawatirkan tidak dapat menanggulangi seluruh masalah tersebut. Karena itu perlu adanya pengaturan lalu lintas yang lebih ketat agar dapat mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi. Untuk memudahkan pengaturan lalu lintas kendaraan yang terjadi akibat perkembangan jaman, maka diciptakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) yang di dalamnya terdapat syarat -syarat analisa untuk mengurangi resiko konflik di jalan. Mengingat besarnya angka human error pada pengerjaan sebuah kasus menggunakan manual MKJI, maka pada tahap ke-3 pembuatan MKJI diciptakanlah sebuah software analisa berdasarkan MKJI yang bernama Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI). Sayangnya ada beberapa kelemahan dari sistem KAJI antara lain KAJI masih menggunakan versi DOS (Display Operating System) sehingga sedikit susah dalam penggunaannya, sistem report KAJI yang kurang praktis, karena masih menggunakan notepad, sehingga user harus bekerja dua kali jika menginginkan output report program hasil analisa. Karena itu diperlukan pengembangan KAJI yang lebih user friendly dan memiliki fitur untuk menyimpan data secara berkala. Sehingga bisa digunakan untuk analisa transportasi secara kontinyu khususnya simpang bersinyal. Akhirnya dikembangkan suatu program aplikasi berbasis windows yang dikerjakan pada platform Delphi dengan menggunakan MKJI Simpang Bersinyal sebagai dasar dan acuan dalam pembuatan program. Program ini dinamakanSIG v.1.0. Program tersebut bertujuan untuk dapat digunakan dalam membantu menganalisa kinerja Simpang Bersinyal yang memadai, Dengan fasilitas output yang bersifat user friendly. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis sistem terhadap program KAJI terlebih dahulu. Analisis sistem bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, mencari pemecahannya, dan menerapkannya. Kemudian dilakukan penyusunan algoritma dan penulisan program. Hasil dari penulisan kode program yaitu file dalam ekstensi (*.EXE) yang dibuat agar file tersebut dapat ber diri sendiri. Kemudian file tersebut diuji untuk mengetahui apakah program tersebut telah berjalan sesuai manual MKJI. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari program yang dibuat, maka dilakukan simulasi program. Program SIG v.1.0 dapat digunakan untuk menghitung Waktu siklus (c), kapasitas (C), Derajat Kejenuhan (Degree of Saturation), Panjang Antrian (QL), Tundaan (D), dan tipe kelas simpang dari suatu kasus simpang bersinyal dengan praktis dan user friendly. Program diberi sebuah kasus untuk dilakukan penyelesaian. Dari hasil simu lasi yang dilakukan, SIG v.1.0 telah memberikan performa yang baik dalam akurasi nilai hasil perhitungan dan kemudahan pengerjaan. SIG v.1.0 juga memiliki keunggulan yang lebih dari program KAJI pada performa kemudahan operasi, waktu pengerjaan, serta tipe penyimpanan data yang bersifat kontinyu hingga pada tiap -tiap lokasi kasus. Sehingga dari suatu lokasi kasus didapatkan sebuah history atau rekaman data-data secara berkala atau kontinyu yang dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries031910301119;2011;
dc.subjectAplikasi Kapasitasen_US
dc.titlePengembangan Aplikasi Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI) Pada Simpang Bersinyal (Signal Integrated) Berbasis Windows; Titok Fajar Ashari, 031910301119;2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record