PROSEDUR AKUNTANSI PEMBAYARAN KLAIM KEMATIAN PADA PT ASURANSI JIWASRAYA ( PERSERO ) JEMBER BRANCH OFFICE
Abstract
PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office merupakan 
perusahaan yang bergerak di bidang jasa asuransi yaitu asuransi jiwa. Berdasarkan
hasil serta tujuan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan di PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut :
1. Pengajuan klaim kematian harus dilengkapi syarat-syarat pengajuan klaim 
    beserta formulir pengajuan klaim yang sudah disediakan oleh PT. Asuransi  
    Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office.
2. Apabila semua persyaratan telah dipenuhi, semua berkas pengajuan klaim 
    diserahkan bagian pertanggungan untuk dicocokkan dengan arsip 
    perusahaan, kemudian dikirim ke Malang Regional Office untuk ditindak 
    lanjuti.
3. Setelah persyaratan sampai di Malang Regional Office khususnya di bagian 
    pertanggungan, berkas-berkas dicocokkan dan diteliti sesuai arsip di Regional 
    Office. Setelah data diotorisasi, pihak pertanggungan Regional Office 
    mengeluarkan Surat Perintah Pembayaran.
4. Berdasarkan Surat Perintah Pembayaran, bagian pertanggungan Jember Branch 
    Office mengeluarkan Surat Ijin Pembayaran atas klaim kematian tersebut yang 
    diserahkan di bagian kasir.
5. Kasir dengan berdasarkan Surat Ijin Pembayaran itu membuat kwitansi 
    pembayaran rangkap tiga yang masing-masing diserahkan kepada pemohon,  
    bagian pertanggungan serta di bagian administrsi dan logistik
6. Dengan kwitansi pembayaran tersebut, pemohon sudah dapat mengklaim atau 
    mencairkan uang asuransi atas klaim kematian berdasarkan kesepakatan dalam  
    perjanjian asuransi. 
7. Kegiatan selanjutnya adalah di bagian Administrasi dan Logistik yaitu 
    menyimpan data dalam komputer sebagai bentuk laporan keuangan yang akan  
    dilaporkan pada Malang Regional Office.
Collections
- DP-Accounting [664]
