dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada
bulan Agustus 2010 dengan guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 10 Jember,
didapatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 10 Jember rendah. Hal ini
ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VII SMP Negeri 10 Jember
yang hanya mencapai nilai 57,5 dengan rata-rata kelas paling rendah 50,2 pada
kelas VII-C. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong
rendah sekitar 35% siswa yang aktif, sehingga setiap pembelajaran fisika perlu
diadakan pendekatan lebih agar siswa tidak malas dan aktif dalam pembelajaran.
Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan rendahnya motivasi
siswa dalam belajar fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya fisika
masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, dalam
hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di
kelas. Penggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sering
digunakan, akan tetapi hanya berbentuk slide persentasi dimana hanya guru yang
aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif.
Salah satu pendekatan yang relevan yang bisa diterapkan dalam
pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan media yang interaktif sehingga
bisa meningkatkan minat dan kreatifitas siswa untuk aktif dalam belajar, media
yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan
Multimedia Interaktif (MMI). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan
penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan
aktivitas belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI); (2)
Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C dengan
Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri
10 Jember yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang
terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini | en_US |