Show simple item record

dc.contributor.authorTOMY PUJO HERMAWAN
dc.date.accessioned2014-01-26T00:43:58Z
dc.date.available2014-01-26T00:43:58Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM050810201226
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24248
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis peta positioning warnet berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jember, serta menganalisis atribut-atribut apa saja yang mempengaruhi persepsi responden sebagai pengguna / pelanggan jasa warnet dalam memposisikan warnet-warnet yang ada di Kota Jember. Dasar yang digunakan untuk memposisikan warnet berdasarkan persepsi konsumen yaitu atribut tarif, fasilitas, koneksi, keamanan, kenyamanan, dan lokasi. Teknik-teknik yang digunakan adalah analisis Faktor, analisis Klaster (Cluster), dan analisis MDS (Multidimensional Scaling). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non probabiliy sampling dan metode purposive sampling. Berdasarkan analisis Faktor, diperoleh dua faktor yang mempengaruhi responden dalam memilih dan menggunakan jasa warnet, yaitu faktor teknis yang terdiri dari tarif, koneksi, dan keamanan, serta faktor kondisi dan pelayanan yang terdiri dari fasilitas, kenyamanan, dan lokasi. Berdasarkan analisis Klaster, diperoleh dua profil kelompok responden dalam memilih dan menggunakan jasa warnet MAXIMA, TOM’Z, DENET, dan SMILE, yaitu profil kelompok kritis dan fleksibel. Untuk analisis MDS, hasil peta positioning warnet di Kota Jember (MAXIMA, TOM’Z, DENET, dan SMILE) berdasarkan persepsi konsumen, diperoleh hasil bahwa warnet DENET merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari warnet MAXIMA berdasarkan tarif, fasilitas, dan koneksi. Warnet TOM’Z memiliki persaingan rata-rata, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan di benak konsumen, sedangkan warnet SMILE merupakan warnet yang tidak mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) terhadap ketiga warnet yang lain karena memiliki perbedaan dan diferensiasi yang unik. Hasil dari uji keselarasan sikap responden menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan atribut warnet atau dapat dikatakan bahwa jawaban responden tersebut heterogen. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pasar sasaran warnet MAXIMA, TOM’Z, DENET, dan SMILE terdiri dari dua kelompok konsumen berbeda yang tidak memiliki kesamaan persepsi, sedangkan posisi persaingan warnet berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jember, yaitu warnet DENET merupakan pesaing terkuat dari warnet MAXIMA, warnet TOM’Z merupakan pesaing dari warnet DENET, sedangkan warnet SMILE tidak secara langsung bersaing dengan ketiga warnet yang lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050810201226;
dc.subjectanalisis faktor, analisis klaster, analisis MDS, persepsi konsumen, positioningen_US
dc.titleANALISIS POSITIONING WARNET DI KOTA JEMBER BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMENen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record