Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kabupaten Jember
Abstract
Pada penelitian ini berjudul “Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor
Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologis Terhadap proses
Pembelian Produk Pizza Hut di Kabupaten Jember ”. Tujuan penelitian untuk
menganalisis apakah faktor budaya, pribadi, sosial serta psikologis
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Pizza Hut
jember.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner
pada responden, yaitu konsumen yang pernah mengkonsumsi pizza hut
Jember. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
Purposive Sampling, dengan jumlah sampel adalah 60 orang. metode analisis
yang digunakan adalah analisis diskriminan.
Berdasarkan hasil dari analisis diskriminan bahwa ada perbedaan
antara kelompok sering membeli dan jarang membeli terhadap faktor pribadi,
budaya, dan faktor sosial. Variabel yang paling membedakan perilaku kedua
kelompok sering dan jarang membeli adalah X2/Faktor pribadi, X1/faktor
budaya dan yang paling kecil pengaruhnya adalah X3/Faktor sosial. Dari
empat variabel, terdapat satu variabel